FADJAR KURNIAWAN, DONIE (2019) AUTOETNOGRAFI SUATU ALTERNATIF RISET ILMIAH DI BIDANG SENI. Project Report. ISI Surakarta, ISI Surakarta.
|
Text
Donie Fadjar Kurniawan, S.S., M.Si., M.Hum.(1).pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Abstrak Fokus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sebuah konsep tentang penelitian autoetnografi. Penelitian autoetnografi memiliki pengertian bahwa penelitian etnografi yang didasarkan pada pengalaman-pengalaman peneliti oleh karena itu dikenal dengan sebutan auto. Tujuan penelitian ini untuk mendorong pembaca dengan latar belakang civitas akademika bidang seni untuk mendapatkan gambaran detail dari jenis penelitian autoetnografi. Urgensi penelitian ini untuk memperkenalkan jenis penelitian autoetnografi bagi pembaca khususnya mereka yang selama ini memiliki banyak data dari pengalamanpengalaman sendiri yang memiliki keraguan atas oyektivitasnya. Penelitian ini berangkat dari sebuah telaah kepustakaan. Karena sifatnya adalah penelitian dasar maka penelitian ini masih berhubungan dengan induk penelitian kualitatif dengan data berupa deskripsi-deskripsi. Data diperoleh melalui telaah pustaka dengan bersandar pada data primer berupa artikel berjudul An Autoethnography on Learning About Autoethnography. Artikel ini ditulis oleh Sarah Wall dan dimuat dalam jurnal International Journal of Qualitative Methods), 5(2) (2006). Data sekunder yang digunakan untuk menambah khazanahnya antara lain Pragmatic Radicalism: An Autoethnographic Perspective on Pre-service Teaching. Artikel ini ditulis oleh Andrew Miller. Selain itu juga, Fitting the Methodology with the Research: An exploration of narrative, self-study and autoethnography ditulis oleh Mary Lynn Hamilton , Laura Smith & Kristen Worthington. Ditambah Autoethnography, Self-Narrative and Teacher Education yang ditulis oleh Mike Hayler. Hasil penelitian berupa tawaran konsep penelitian mengenai sumber data kualitatif yang berasal dari diri pribadi peneliti. Yaitu catatan sendiri yang selama ini kurang dilirik karena kurang objektif ditawarkan dan telah diujikan dalam penelitian bidang pengajaran dan pendidikan kepada bidang seni.
Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Notes: | autoetnografi, penelitian, bidang seni |
Divisions: | ISI Surakarta > ISI Surakarta |
User deposit: | UPT. Perpustakaan |
Datestamp: | 29 Jan 2020 02:50 |
Last mod: | 29 Jan 2020 02:50 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/4044 |
Actions (login required)
View item |