REKONSTRUKSI DAN PENERAPAN GENDING-GENDING DOLANAN SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DI KABUPATEN PONOROGO LAPORAN PENELITIAN TERAPAN

Downloads

Downloads per month over past year

Sosodoro, Bambang and Dewi Fatimah, Mutiara (2019) REKONSTRUKSI DAN PENERAPAN GENDING-GENDING DOLANAN SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DI KABUPATEN PONOROGO LAPORAN PENELITIAN TERAPAN. Project Report. ISI Surakarta, ISI Surakarta.

[img]
Preview
Text
Bambang Sosodoro Rawan Jayantoro, M.Sn..pdf

Download (11MB) | Preview
Official url: Institional Repository ISI Surakarta

Abstract

ABSTRAK Karawitan sebagai salah satu warisan budaya Jawa dikenal mengandung nilai-nilai ajaran yang bermoral, bermartabat, dan pendidikan budi pekerti. Hal tersebut tersurat dalam syair-syair tembang, salah satunya dalam gending dolanan anak. Maka dari itu gending dolanan sangat relevan digunakan sebagai salah satu media pendidikan anak. Melalui gending dolanan, anak mendapatkan banyak pendidikan, antara lain: mengenal karawitan sebagai warisan budaya, mengenal sejarah atau situasi kehidupan masa lalu, memperhalus budi pekerti, membangun karakter, mengasah ketrampilan, tumbuh sikap toleransi, dan kerjasama. Karawitan yang bersumber dari karaton, telah menjadi bagian dari masyarakat luas, bahkan hingga ke daerah-daerah pelosok. Akan tetapi sayangnya, karawitan saat ini lebih dikenal dan banyak digunakan sebagai sarana hiburan dan kurang memperhatikan sisi pendidikannya. Salah satu contohnya adalah karawitan tingkat pelajar di Ponorogo yang dikenal sangat maju dan berkembang. Hampir tiap sekolahan dari tingkat dasar hingga menengah memiliki kegiatan ekstra karawitan. Puncaknya adalah mereka mengikuti event tahunan yakni lomba karawitan se-kabupaten. Materi gending yang digunakan lomba hingga saat ini hanya terbatas pada gending-gending yang relatif baru seperti karya Nartosaba, dan kurang mengenal gending-gending dolanan tradisional. Padahal, gendinggending Nartosabda yang dipilih syairnya berisikan kisah orang dewasa, sehingga kurang mendidik karena kurang sesuai dengan karakter anak. Atas dasar hal itu, perlu diadakan rekonstruksi, penataan kembali dan penerapan gending-gending dolanan sebagai media pendidikan karakter anak khususnya di kabupaten Ponorogo.

Type: Monograph (Project Report)
Not controling keyword: penerapan, gending dolanan, pendidikan karakter
Subject: 1. ISI Surakarta > Karawitan
Divisions: Faculty of Performance Arts > School of Karawitan
User deposit: UPT. Perpustakaan
Datestamp: 28 Jan 2020 09:00
Last mod: 29 Jan 2020 08:44
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/4040

Actions (login required)

View item View item