NUGROHO, LEO (2019) VIDEO INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI PADA STRATEGI DISTRIBUSI FILM DILAN 1990. S1 thesis, INSTITUT SENI INDONESIA (ISI) SURAKARTA.
|
Text
LEO NUGROHO 12148135.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang strategi distribusi dari publicist film Dilan 1990, dengan menggunakan media sosial sebagai alat publikasi. Strategi distribusi film merupakan upaya mempertemukan film kepada penonton secara luas dengan tujuan film dapat terdistribusikan dengan baik dan hasilnya jumlah penonton tinggi. Penelitian yang dilakukan merupakan deskriptif kualitatif. Fokus kajian dalam penelitian ini adalah pengamatan terhadap konten video pada media sosial Instagram dilanisme_solo dan ruangrindu.solo. Keduanya merupakan akun yang dibuat sebagai langkah strategi distribusi Dilan 1990 di Solo Raya. Video unggahan pada media sosial dikaji jadikan obyek penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan diantaranya (1) Observasi terhadap unggahan video selama kurun waktu pemutaran film di bioskop; (2) Wawancara dengan Ody Mulya selaku produser serta Hayati dan Steffani Putri selaku publicist film Dilan 1990 di Solo Raya sekaligus admin akun media sosial dilanisme_solo dan ruangrindu.solo; dan (3) Dokumen atau pustaka pada web rumah produksi Max Picture. Hasil dari penelitian ini terdapat strategi distribusi yang dilakukan oleh Max Picture (1) Memetakan quota layar yang disesuaikan dengan target penonton; (2) bekerjasama dengan Falcon Picture dalam mempromosikan film; (3) Memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi; dan (4) menunjuk publicist daerah khususnya di Solo Raya. Publicist daerah memanfaatkan video yang diunggah pada pada media sosial sebagai sarana promosi. Video yang diunggah adalah (1) video info tentang nonton bareng; (2) video dokumentasi nobar; (3) video vlog para official Dilan 1990; (4) video voor Dilan 1990; dan (5) video informasi jumlah penonton. Pengunggahan video pada media sosial tersebut sebagai langkah strategi yang perkembangan memanfaatkan teknologi dan disesuikan target pemilihan audiens serta quota layar yang sedang berkembang. Kata kunci: Strategi distribusi, video, dan media Sosial
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Not controling keyword: | Strategi distribusi, video, dan media Sosial |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Televisi dan Film |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Television and Film |
User deposit: | UPT. Perputakaan |
Datestamp: | 15 Aug 2019 01:08 |
Last mod: | 15 Aug 2019 01:08 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/3468 |
Actions (login required)
View item |