STUDI TENTANG DESAIN INTERIOR DALAM KAITANNYA DENGAN SISTEM PELAYANAN PADA RESTORAN GAMBIR SEKETHI DI KUSUMA SAHID PRINCE HOTEL SURAKARTA

Downloads

Downloads per month over past year

APRILYA, INTAN RIZKI (2018) STUDI TENTANG DESAIN INTERIOR DALAM KAITANNYA DENGAN SISTEM PELAYANAN PADA RESTORAN GAMBIR SEKETHI DI KUSUMA SAHID PRINCE HOTEL SURAKARTA. S1 thesis, INSTITUT SENI INDONESIA (ISI) SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
Intan Rizki Aprilya-TA-DESAIN INTERIOR.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Surakarta terkenal sebagai wilayah kebudayaan yang adiluhung. Salah satu hotel di Surakarta yaitu Kusuma Sahid Prince Hotel merupakan hotel dengan interior bergaya Jawa. Hotel ini berbintang empat, berdiri sejak tahun 1977 terletak di jalan Sugiyopranoto 20, Surakarta, Jawa Tengah, 57111 Indonesia. Sebelum menjadi Hotel Kusuma Sahid, tempat ini merupakan kediaman Pangeran Kusumoyudo. Terdapat ruangan – ruangan yang masih lestari pada hotel ini diantaranya pendapa dialih fungsikan sebagai lobi, pringgitan difungsikan sebagai Ruang Pantiarjo, dalem dan krobongan difungsikan sebagai Ruang Sriwedari, empat kamar utama di sebelah dalem kiri dan kanan krobongan difungsikan sebagai Royal Suite (Presidential Suite), serta gandhok kiri difungsikan sebagai Restoran Gambir Sekethi. Objek penelitian ini adalah Restoran Gambir Sekethi yang berada di dalam Kusuma Sahid Prince Hotel. Sebelum diguankan sebagai restoran, ruang ini diguanakn untuk ruang keluarga atau ruang makan. Desain interior pada restoran ini di desain khusus dengan memasukkan elemen bernuansa Jawa. Tujuan penelitian ini mengetahui sistem pelayanan dalam kaitannya dengan tata ruang dan desain interior Restoran Gambir Sekethi di Kusuma Sahid Prince Hotel Surakarta. Untuk mencapai tujuan dibutuhkan penelitian dengan metode kualitatif. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan desain interior yang dilakukan pada interior Restoran Gambir Sekethi. Sumber data berupa narasumber/ informan, literature dan benda/ artefak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pelayanan pada retsoran ini menggunakan American Service dan Self Service. Hubungan antara sistem pelayanan dan tata ruang sangat erat sekali dimana layout pada restoran dibuat perkelompok dengan mempertimbangkan kemudahan akses atau sirkulasi, efisiensi dalam penataan layout dan pelayanan. Sistem layout ini dimaksudkan untuk membentuk kebebasan pada tamu dalam memilih makanan yang disajikan. Sebagai bangunan cagar budaya, desain interior Restoran Gambir Sekethi didesain bergaya Jawa dengan memanfaatkan bentuk – bentuk atap joglo pada stool, wayang beber, loro blonyo, ornament hias, lampu gantung, lampu dinding dan elemen – lemen tradisional Jawa. Kata Kunci: Sistem pelayanan, Desain Interior, Restoran Gambir Sekethi, Kusuma Sahid Prince Hotel

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Sistem pelayanan, Desain Interior, Restoran Gambir Sekethi, Kusuma Sahid Prince Hotel
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Interior
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Interior Design
User deposit: UPT. Perputakaan
Datestamp: 14 Aug 2019 02:22
Last mod: 14 Aug 2019 02:22
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/3439

Actions (login required)

View item View item