Rahmad, Cito Yasuki (2016) “BALADA SI DIA” (BIMBINGAN DAN PELATIHAN PRODUKSI KARYA SENI AUDIOVISUAL) BAGI SISWA JURUSAN TPPPP (TEKNOLOGI PRODUKSI DAN PENYIARAN PROGRAM PERTELEVISIAN) SMK NEGERI 1 KLATEN JAWA TENGAH LAPORAN PENGABDIAN MASYARAKAT TEMATIK (PERORANGAN). Project Report. Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Surakarta. (Unpublished)
|
Text
Cito Yasuki Rahmad, S.Sn., M.Sn._Pengabdian.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan teknologi kamera baik fotografi maupun video semakin hari berkembang semakin pesat. Fungsi dan kebutuhan penggunaanya pun semakin luas dirasakan oleh berbagai pihak. Kamera tidak hanya digunakan sekedar untuk menangkap objek yang berfungsi sebagai kenang-kenangan semata, tetapi juga digunakan untuk menangkap objek yang sedang bergerak. Sesuai dengan karakter siswa sekolah menengah atas yang masih memiliki antusias tinggi terhadap sesuatu hal yang berbasis teknologi, kegiatan pelatihan produksi karya seni yang berbasis audiovisual kiranya dirasa sangat dibutuhkan oleh siswa. Apalagi pada realitasnya, penguasaan teknologi videografi di kalangan civitas sekolah masih jauh dari harapan. Lebih jauh, skill di bidang seni audiovisual dapat menjadi wadah bagi penyaluran talenta dan kreativitas siswa. Maka pelatihan produksi karya seni audiovisual sebagai media ekspresi seni merupakan usaha sistematis dan strategis sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat. Selain pelatihan produksi karya seni audiovisual sebagai bentuk peningkatan kapasistas masyarakat, melalui film dapat juga mengandung informasi sebagai media sosialisasi peran dan fungsi film serta sebagai bentuk lain media alternatif yang menarik bagi masyarakat. Metode pelaksanaan pelatihan produksi film sebagai media ekspresi menggunakan metode partisipatoris. Metode ini meletakkan posisi yang seimbang antara guru/fasilitator dan murid/peserta pelatihan. Sumber metode ini terinspirasi oleh pendidikan pembebasan ala Paulo Freire yang percaya bahwa sumber pengetahuan adalah milik bersama dan bersama-sama dapat dicapai melalui berbagi/sharing. Siswa diharapkan mampu berorientasi dan mempunyai target mampu menciptakan karya-karya seni audiovisual seperti film-film fiksi pendek yang cukup baik dan mampu bersaing dengan hasil-hasil karya dari sekolah lainnya tanpa harus bergantung dari peralatan yang serba memadai di setiap lini produksi.
Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Not controling keyword: | Pelatihan, Karya seni, Audiovisual, Partisipatoris |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Televisi dan Film |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Television and Film |
User deposit: | UPT. Perpustakaan |
Datestamp: | 12 Jul 2019 07:31 |
Last mod: | 12 Jul 2019 07:31 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/3307 |
Actions (login required)
View item |