Dra. S Hesty Heriwati, M.Hum (2017) Bahasa Indonesia Dalam Gagasan Tertulis. EC00201706331.
|
Text
S Hesty Heriwati_Bahasa Indonesia dalam gagasan tertulis.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Mata kuliah bahasa Indonesia bertujuan unt uk mengembangkan kompetensi mahasiswa terutama dalam penulisan ilmiah yang mencakup kemampuan kognitif dan aktif. Mata kuliah Bahasa Indonesia merupakan mata kuliah pengembangan kepribadian yang diberikan pada awal semester. Bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi sekaligus sebagai Mata Kuliah Pengembangan Kepri badi an yang ber t uj uan unt uk mengembangkan kompetensi mahasiswa terutama dalam penulisan ilmiah yang mencakup kemampuan kognitif dan aktif. Manfaat secara umum dari mata kuliah ini adalah mahasiswa dapat menggunakan pengetahuan ketrampilan berbahasa yang baik dan benar. Setelah mahasiswa dapat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar maka di harapkan mahasiswa dapat menyusun karya tulis ilmiah sebagai bekal tugas akhir baik dalam kekaryaan maupun dalam skripsi. Metode perkuliahan lebih menekankan pada penguasaan kalimat efektif sebagai bekal untuk menbuat karya tulis ilmiah. Di samping penerapan pola diskusi secara terbuka digunakan sebagai satu upaya agar terjadi interaksi aktif antara dosen dengan mahasiswa dan mahasiswa dengan mahasiswa. Diskusi dari mahasiswa diharapkan terdapat pemahaman terhadap materi menj adi l ebi h t aj am dan mahasi swa l ebi h berkembang kreativitasnya. Setiap kegiatan tatap muka selalu didahului dengan penjelasan oleh dosen tentang topik bahasan atau materi yang akan disampaikan. Penajaman fokus perhatian mahasiswa terhadap materi secara global yang akan diberikan, pada awal perkuliahan mahasiswa ditayangkan garis besar power point materi selama satu semester. Penggunaan beberapa media ajar tersebut bertujuan untuk lebih menarik dan meningkatkan motivasi mahasiswa dalam belajar. Buku ajar disusun sebagai upaya untuk mengarahkan cara belajar mahasiswa lebih efektif dan efisien. Mahasiswa dapat mempelajari buku ajar melalui beberapa yang telah tersusun dengan sistematis. Selanjutnya, sebagai indikator keberhasilan dari proses pembelajaran Bahasa Indonesia adalah mahasiswa dapat membuat karya ilmiah baik berupa makalah, paper, artikel, jurnal, dan terlebih lagi skripsi.
Type: | Patent |
---|---|
Not controling keyword: | HAKI,Buku, Bahasa Indonesia |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Fotografi |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Photograpy |
User deposit: | UPT. Perpustakaan |
Datestamp: | 10 Jan 2019 05:23 |
Last mod: | 10 Jan 2019 05:23 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/3011 |
Actions (login required)
View item |