Lestari, Vega Dhini (2018) PENYUTRADARAAN FILM DOKUMENTER EKSPOSITORI “ASA” DENGAN PENDEKATAN NARATIF STRUKTUR CERITA TIGA BABAK. S1 thesis, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.
|
Text
Vega Dhini Lestari.pdf Download (20MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan inklusi yang dicanangkan pemerintah bertujuan untuk membuat siswa penyandang disabilitas dapat mengenyam pendidikan bersama- sama dengan siswa normal lainnya tanpa mendapatkan perlakuan diskriminasi. Anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi membutuhkan penanganan yang tepat oleh tenaga ahli yang memiliki kompetensi untuk menangani kondisi mereka. Penciptaan karya film dokumenter “Asa” bertujuan untuk membuka wawasan penonton tentang permasalahan yang terjadi pada pendidikan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus, dan dituturkan melalui gaya ekspositori dengan pendekatan naratif struktur cerita tiga babak. Film ini bercerita tentang kisah Ibu Diah seorang Guru Pembimbing Khusus di SDN 03 Banyudono, Boyolali yang berjuang untuk mewujudkan pendidikan inklusi yang ideal bagi siswa-siswanya dengan segala keterbatasan yang ada. Metode yang digunakan dalam pembuatan film dokumenter ini melalui tahapan penentuan tema, riset, penentuan cerita, pembuatan jadwal produksi, dan penentuan alat kerja pada tahap praproduksi, pengambilan gambar pada tahap produksi, serta editing hasil produksi pada tahap pascaproduksi. Penyutradaraan film dokumenter dengan gaya ekspositori dan pendekatan naratif yang dibagi menjadi struktur cerita tiga babak ini merupakan penerapan dari unsur plot dalam pendekatan naratif. Penerapan gaya dan pendekatan tersebut dipilih untuk membantu penonton memahami cerita agar lebih mengerti permasalahan yang dialami GPK di sekolah inklusi dengan baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Not controling keyword: | Penyutradaraan, dokumenter, ekspositori, naratif, tiga babak |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Televisi dan Film |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Television and Film |
User deposit: | UPT. Perpustakaan |
Datestamp: | 26 Dec 2018 03:23 |
Last mod: | 26 Dec 2018 03:23 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/2889 |
Actions (login required)
View item |