NAUFAL, ABYAN STRATEGI PROGRAM NABAWI TV SEBAGAI MEDIA DAKWAH. S1 thesis, FAKULTAS SENI RUPA DAN DESAIN.
|
Text
ABYAN NAUFAL fix.pdf Download (18MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK STRATEGI PROGRAM NABAWI TV SEBAGAI MEDIA DAKWAH (Abyan Naufal, 2018, hal. xvi – 128) Skripsi S-1 Prodi Televisi dan Film, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Surakarta. Penelitian ini dilakukan untuk meninjau sejauhmana sebuah tayangan program acara televisi sebagai media dakwah yang dilakukan Nabawi TV dikaji menggunakan strategi program, yang terdiri dari empat tahapan (Perencanaan, Produksi dan Pembelian, Eksekusi, dan Evaluasi program).Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data interkatif dengan cara observasi, studi pustaka dan wawancara.Analisis data dengan reduksi data, sajian data, serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana peran sebuah stasiun televisi dalam mengembangkan metode dakwah gaya baru melalui media televisi. Sebagai media dakwah Islam, Nabawi TV menayangkan program acara yang seluruhnya bermuatan dakwah dengan menggunakan konsep Islam moderat.Media dakwah adalah salah satu transformasi dari perkembangan media televisi antara dakwah dan televisi memiliki fungsi yang sama yakni sebagai penyampai informasi. Pada tahapan perencanaan program dijelaskan tentang bagaimana pengemasan ide menjadi sebuah desain produksi, selanjutnya bagaimana proses produksi dan akuisisi yang dimana proses akuisisi ini dilakukan dengan pihak majelis dan Irtsun Nabawi, selanjutnya proses peyiaran yang dilakukan Nabawi TV malalui empat platform (satelit, website, youtube, dan facebook), dan tahapan terakhir adalah pengawasan dan evaluasi. Dengan menarik kesimpulan bahwa Nabawi TV melakukan pengelolaan program acaranya untuk kepentingan dakwah dan menjaga batasan dalam pembuatan dengan memegang nilai-nilai dan sikap yang telah dibuat Nabawi TV. Kata kunci :Strategi program, Manajemen pertelevisian, Media, Dakwah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Not controling keyword: | Kata kunci :Strategi program, Manajemen pertelevisian, Media, Dakwah. |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Televisi dan Film |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Television and Film |
User deposit: | UPT. Perputakaan |
Datestamp: | 05 Dec 2018 06:06 |
Last mod: | 05 Dec 2018 06:06 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/2659 |
Actions (login required)
View item |