KREASI ANEKA PISAU PAMOR SEBAGAI USAHA DIVERSIFIKASI DAN PENINGKATAN NILAI JUAL PRODUK PANDE BESI DI KECAMATAN POLANHARJO KABUPATEN KLATEN USULAN PENELITIAN HIBAH BERSAING

Downloads

Downloads per month over past year

Karju, Karju and Wiyoko, Aji (2015) KREASI ANEKA PISAU PAMOR SEBAGAI USAHA DIVERSIFIKASI DAN PENINGKATAN NILAI JUAL PRODUK PANDE BESI DI KECAMATAN POLANHARJO KABUPATEN KLATEN USULAN PENELITIAN HIBAH BERSAING. Project Report. Institut Seni Indonesia Surakarta, Surakarta. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
laporan_akhir_Dr__Drs_KARJU_M_Pd.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian berjudul “Kreasi Aneka Pisau Pamor sebagai Usaha Diversifikasi dan Peningkatan Nilai Jual Produk Pande Besi di Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten” ini bertujuan merancang model aneka pisau pamor di sentra Pande Besi Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, mewujudkannya sebagai produk yang menunjang diversifikasi hasil perajin pande besi serta mewujudkan kemasan pemasaran yang mendukung keberlangsungan usaha. Penelitian ini dirancang selama tiga tahun dengan tujuan tahun pertama menekankan pada perancangan produk aneka pisau pamor dan pembuatan prototipe pada beberapa alternatif desain terpilih. Pamor yang akan diaplikasikan adalah pamor Wos Wutah, Ngulit Semangka, Sumsum Buron, Mrutusewu, dan Tunggak Semi. Tahun kedua akan mewujudkan produk aneka pisau pamor dari rancangan yang dihasilkan. Penelitian pada tahap ini menekanka pada aspek produksi yang meliputi evaluasi desain dan prototipe sebagai dasar pengembangan desain dan produksi yang bersifat masal, perwujudan teknologi tepat guna untuk mendukung proses produksi pisau pamor, produksi pembuatan produk pisau pamor melalui proses pemilihan bahan, penempaan, perakitan, dan finishing, dan pengurusan dokumen HKI sebagai upaya perlindungan desain. Fokus penelitian tahun ketiga ini adalah pada upaya pemasaran dan penjualan produk yang meliputi kemasan produk pisau pamor yang pada umumnya kurang diperhatikan oleh para perajin tradisional, pengadaan sarana penjualan produk yang meliputi web site, kartu nama, katalog, dan display didukung pameran produk pisau pamor. Metode pendekatan action research digunakan dalam mengolah potensi sumber daya manusia, sumber daya alam, sosial ekonomi, dan seni budaya dari wilayah ini dengan tahapan (1) identifikasi (2) riset (3) perumusan gagasan (4) prototipe (5) pemilihan (6) penerapan (7) evaluasi. Hasil yang diharapkan adalah desain produk pisau pamor, prototipe, teknologi tepat guna, media promosi penjualan, pendaftaran HKI, dan publikasi jurnal. Kata kunci: Pisau pamor, kriya, desain, pande besi, Klaten.

Type: Monograph (Project Report)
Not controling keyword: Pisau pamor, kriya, desain, pande besi, Klaten
Subject: 1. ISI Surakarta > Kriya Seni
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Craft Study Program
User deposit: UPT. Perpustakaan
Datestamp: 30 Jan 2018 06:14
Last mod: 30 Jan 2018 06:14
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/2146

Actions (login required)

View item View item