Gozali, Amir and Indratmo, Effy (2016) REPRESENTASI SIMBOLIK FENOMENA ALAM DALAM KARYA SENI PATUNGLANDMARK ’KESEIMBANGAN’. Jurnal Abdi Seni, 7 (1). pp. 10-19. ISSN 2087-1756
Text
1753 - Published Version Download (18kB) |
Abstract
Karya patung landmark sebagai suatu bentuk karya seni bangun, dengan segala fungsi serta misinya, yang diwujudkan secara kongkrit (visualized) melalui suatu upaya rekayasa simbolis agar dapat tercipta dialog atau komunikasi dengan khalayak luas atau publik. Penelitian penciptaan karya ini menggunakan metode eksperimentasi, dengan melakukan percobaan-percobaan yang mengedepankan perencanaan mulai dari perancangan, persiapan dan perwujudan karya dalam media. Metode ini diterapkan, dengan melihat sifat data penelitian penciptaan karya yang pada prosesnya akan dilakukan dengan pembuatan modeling dengan medium kayu, sedangkan aplikasinya dengan tehnik plester yang akan difnishing dengan ekpsperimen warna seperti warna logam (coklat-merah). Sebagai sebuah karya seni rupa khalayak (public art), patung landmark dibuat berdasarkan sejumlah prasyarat, kaidah serta prinsip-prinsip yang mendasari, sehingga sesuai dengan maksud dan tujuan dibangunnya sebuah patung publik.Secara visual dan intensitas proses penggarapan, terkait kerumitan dan kecermatan dari teknik pembangunan seni patung publik, dimunculkan juga dalam penelitian ini yaitu melalui kekuatan konstruksi, ergonomi keruangan sehingga mampu menjadi penanda identitas bagi kawasan yang akan di gunakan sebagai letak karya patung tersebut yaitu di Kawasan Kampus 2 FSRD ISI Surakarta. Kata kunci: Representasi, Simbolik, Fenomena Alam, Patung Landmark
Type: | Article |
---|---|
Not controling keyword: | Representasi, Simbolik, Fenomena Alam, Patung Landmark |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Seni Rupa Murni |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Fine Arts |
User deposit: | UPT. Perpustakaan |
Datestamp: | 29 Dec 2017 03:12 |
Last mod: | 29 Dec 2017 03:12 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/1841 |
Actions (login required)
View item |