STRATEGI KREATIF PENGARAH ACARA DALAM PRODUKSI PROGRAM CAMPURSARI TAMBANE ATI DI TVRI JAWA TIMUR

Downloads

Downloads per month over past year

Pratyarsi, Doma Saski (2014) STRATEGI KREATIF PENGARAH ACARA DALAM PRODUKSI PROGRAM CAMPURSARI TAMBANE ATI DI TVRI JAWA TIMUR. S1 thesis, INSTITUT SENI INDONESIA (ISI) SURAKARTA.

[img]
Preview
Other
Donatus Bambang Kristyawan.PDF

Download (11MB) | Preview

Abstract

STRATEGI KREATIF PENGARAH ACARA DALAM PRODUKSI PROGRAM CAMPURSARI TAMBANE ATI DI TVRI JAWA TIMUR. (Doma Saski Pratyarsi, 2014, hal. i-114) Skripsi S-1 Program Studi Televisi dan Film, Jurusan Seni Media Rekam, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Surakarta. Penelitian ini membahas mengenai strategi kreatif pengarah acara dalam produksi program Campursari Tambane Ati di TVRI Jawa Timur. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah produksi program Campursari Tambane Ati dan pengarah acaranya. Penelitian ini menggunakan purposive sampling untuk memilih episode “Lebaran” yang diproduksi dan ditayangkan secara langsung pada tanggal 14 Agustus 2014. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, sajian data, penarikan simpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kreatif pengarah acara dalam produksi program Campursari Tambane Ati dibagi menjadi tiga tahapan. Pada tahap praproduksi meliputi penentuan tema yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat sehari-hari, melakukan audisi secara langsung, penataan artistik, strategi memunculkan gimmick, dan pemilihan shot. Dalam tahap produksi yaitu pergerakan kamera yang dinamis dan pelibatan penonton di studio sebagai bagian dalam proses produksi. Pada tahap pascaproduksi adalah dengan penyuntingan secara linier. Pergantian gambar dengan menggunakan teknik cut to cut, dissolve, dan fade secara langsung melalui switcher. Beberapa strategi tersebut dilakukan PA Campursari Tambane Ati agar program menjadi tayangan yang baik. Kata Kunci : strategi kreatif, pengarah acara, campursari, dan tambane ati

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: strategi kreatif, pengarah acara, campursari, dan tambane ati
Subject: 1. ISI Surakarta > Televisi dan Film
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Television and Film
User deposit: UPT. Perputakaan
Datestamp: 10 Oct 2016 03:32
Last mod: 10 Oct 2016 03:32
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/172

Actions (login required)

View item View item