VIRGINITY SOLORAYA SEBUAH STUDI TENTANG HUBUNGAN ANTARA INDUSTRI MUSIK, PRODUK, DAN FANS

Downloads

Downloads per month over past year

Kusumastuti, Tika Istiyanti (2016) VIRGINITY SOLORAYA SEBUAH STUDI TENTANG HUBUNGAN ANTARA INDUSTRI MUSIK, PRODUK, DAN FANS. S1 thesis, INSTITUT SENI INDONESIA (ISI) SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
Tika Istiyanti K.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

VIRGINITY SOLORAYA Sebuah Studi tentang Hubungan antara Industri Musik, Produk, dan Fans Penelitian ini bermaksud untuk menggambarkan tentang orientasi dan perilaku konsumsi fans dalam ranah “budaya populer”, “industri musik”, dan “musik pop”. Objek dalam penelitian ini adalah komunitas Virginity Soloraya. Virginity Soloraya merupakan komunitas yang menyatukan sekelompok orang yang mengidolakan secara fanatik artis grup duo The Virgin di wilayah Soloraya. Penelitian ini membahas tentang pola perilaku sosial dan pola perilaku konsumsi fans sebagai dampak dari konstruksi yang diciptakan oleh pihak industri musik. Peneliti melakukan kerja etnografi dan melakukan observasi pasrtisipatif. Peneliti ikut bergabung sebagai anggota Komunitas Virginity Soloraya, dan mengikuti seluruh kegiatan di dalamnya. Di luar acara komunitas, peneliti juga turut bergaul dengan para anggota pada saat mereka memiliki waktu senggang. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan keluwesan akses dalam mencari data dan informasi dari para anggota dan admin komunitas tersebut. Hasil penelitian menegaskan bahwa musik sebagai produk budaya merupakan entitas yang tidak dapat dilepaskan dari faktor-faktor yang terkait diluar dari sisi musikalnya. Melalui penelitian ini, peneliti mengajak pembaca untuk memahami pola perilaku manusia yang terpengaruh oleh konstruksi dari pihak industri musik. Peneliti juga menemukan bahwa setting industri musik tidak selalu dalam bentuk “diarahkan”, tetapi juga bisa dengan cara membidik kebutuhan suatu kelompok tertentu. Industri populer sebenarnya sedang membidik konsumen dengan memfasilitasi dan mengisi kebutuhan yang kosong di masyarakat yang dianggap berbeda dan berperilaku menyimpang. Kata kunci : Budaya populer, Industri musik, Fanatisme, Setting, Konsumen

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Budaya populer, Industri musik, Fanatisme, Setting, Konsumen
Subject: 1. ISI Surakarta > Etnomusikologi
Divisions: Faculty of Performance Arts > School of Etnomusicology
User deposit: UPT. Perputakaan
Datestamp: 01 Aug 2017 04:07
Last mod: 01 Aug 2017 04:07
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/1352

Actions (login required)

View item View item