Putranto, Muhammad Fajar (2015) CITRA PELANTUNAN SUARA MUSIKAL PENJUAL MAKANAN KELILING DI PERUMNAS MOJOSONGO SURAKARTA. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta.
|
Text
Muhammad Fajar P..pdf - Accepted Version Download (20MB) | Preview |
Abstract
Penelitian yang berjudul “Citra Pelantunan Suara Musikal Penjual Makanan Keliling di Perumnas Mojosongo Surakarta” ini merupakan penelitian kualitatif. Berupa studi tentang fenomena bunyi yang berhubungan dengan beberapa persoalan, yakni: (1) sebagai bagian dari gejala soundscape, suara promosi penjual makanan keliling terkandung muatan musikal. (2) suara terbentuk karena adanya proses fisiologis di dalam tubuh manusia melalui mekanisme produksi suara. (3) teknik pelantunan promosi penjual dapat merepresentasikan identitas diri.(4) suara promosi akan berimplikasi pada munculnya citra khalayak karena keragamannya tersebut. (5) promosi penjual makanan mencerminkan fakta bunyi sebuah perkampungan. Rumusan persoalan-persoalan yang dibahas pada skripsi ini di antaranya adalah: (1) bagaimana peran suara musikal terhadap pembentukan identitas penjual? dan (2) bagaimana citra yang ditangkap khalayak terhadap suara promosi penjual makanan keliling di Mojosongo? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran suara terhadap pembentukan identitas penjual dan citra yang dipersepsikan khalayak. Penelitian ini menitik-beratkan pendekatan pada fenomena soundscape, sifat fisiologis, serta komunikasi. Perspektif Shin Nakagawa, Marafioti, Lasswell, Danesi serta Rakhmat menjadi acuan cara pandang penulis untuk mendeskripsikan peran suara musikal promosi penjual makanan keliling dalam hubungannya dengan identitas dan citra. Metode yang dipakai adalah observasi, wawancara, studi dokumen, studi pustaka, perekaman dan transkripsi. Fenomena tersebut menyangkut tentang perilaku, persepsi, tindakan dan persoalan tentang objek yang diteliti secara holistik. Berdasarkan hasil kajian ini dapat disimpulkan bahwa pelantunan suara promosi menjadi sarana dan prasyarat apabila dalam rutinitas berjualan, penjual tidak melantunkan suara promosinya, maka identitas dan citra tidak akan terpublikasikan — suara promosi berimplikasi terhadap terciptanya proses transaksi jual-beli antara penjual dengan pembeli. Suara promosi memiliki muatan-muatan musikal dan pesan verbal dalam merangsang kedekatan secara emosional kepada khalayak. Keterbiasaan pengalaman menyuarakan dan mendengar secara kontinyu,mengkondisikan keakraban, menjadi indikator lingkungan Perumnas Mojosongo, serta memicu munculnya pencitraan khalayak. Peristiwa pelantunan promosi ini sekaligus menyatakan sebuah fenomena perilaku musikal manusia di dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: soundscape, suara, musikal, identitas dan citra
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Not controling keyword: | soundscape, suara, musikal, identitas, citra |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Etnomusikologi |
Divisions: | Faculty of Performance Arts > School of Etnomusicology |
User deposit: | UPT. Perpustakaan |
Datestamp: | 09 Jun 2017 04:13 |
Last mod: | 09 Jun 2017 04:13 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/1263 |
Actions (login required)
View item |