STYLE DADAISME PADA DESAIN KEMASAN PARFUM LOKAL MONJI SEBAGAI STRATEGI PROMOSI UNTUK MERESPON TREN UNBOXING DI MEDIA SOSIAL

Downloads

Downloads per month over past year

Kusuma, Monica Revias Purwa and Ridlo, M Harun Rosyid and Zanzabil, Bilqis Katuffahati (2024) STYLE DADAISME PADA DESAIN KEMASAN PARFUM LOKAL MONJI SEBAGAI STRATEGI PROMOSI UNTUK MERESPON TREN UNBOXING DI MEDIA SOSIAL. Project Report. Institut Seni Indonesia Surakarta, Surakarta. (Unpublished)

[img] Text
Monica Revias Purwa Kusuma - Copy - Copy.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id

Abstract

Pada era modern kemasan dapat digunakan sebagai bagian promosi untuk mencapai target pasar bahkan menaikkan penjualan. Sebagai alat komunikasi, kemasan juga harus dapat mengikuti perkembangan jaman dan merespon tren terbaru. Fenomena menarik terkait kemasan yang sering muncul di beranda media sosial seperti Tiktok yaitu tren unboxing yang dilakukan pada saat melakukan pembelian. Video unboxing sendiri biasa digunakan oleh konten kreator untuk mereview suatu produk yang ingin diiklankan. Parfum lokal di Indonesia mulai marak dijual secara online kira-kira pada tahun 2019. Salah satu parfum lokal yang masuk ke kancah persaingan industri parfum yaitu Monji Perfumery yang berasal dari kota Solo. Salah satu strategi untuk merespon tren unboxing yang dapat diterapkan Monji Perfumery untuk mendapat perhatian target audiencenya secara online yaitu membuat visual desain kemasan yang menarik. Pada penelitian ini penulis menerapkan style dadaisme dengan teknik kolase digital pada desain kemasan parfum Monji. Style dadaisme dengan teknik kolase digital dipilih karena sesuai dengan target audience Monji yaitu generasi y dan z yang aktif di media sosial terutama Tiktok dan menyukai sesuatu yang unik dan artsy. Perancangan ini menggunakan pendekatan metode design thinking Eric Karjaluoto yang secara umum dibagi menjadi empat tahapan utama yaitu discovery, planning, creative, dan application. Melalui perancangan ini diharapkan desain kemasan yang di buat dapat menjadi strategi promosi untuk menaikkan penjualan. Hasil dari perancangan yang telah dilaksanakan tersebut menggambarkan bahwa style dadaisme yang diterapkan pada desain kemasan parfum lokal monji sebagai strategi promosi untuk merespon tren unboxing di media sosial berhasil mencapai tujuannya. Hal tersebut dapat dilihat dari feedback dari hasil view, likes, komen, save, share, dan konversi pembelian yang di dapat dari unggahan para konten kreator melalui video media sosial Tiktok

Type: Monograph (Project Report)
Not controling keyword: desain kemasan, video unboxing, dadaisme, desain thinking
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: UPT. Perpustakaan
Datestamp: 17 Sep 2025 01:40
Last mod: 17 Sep 2025 01:40
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/7788

Actions (login required)

View item View item