Cahyani, Anisa Putri and Rahmawati, Anisah (2024) IMPLEMENTASI PEMANFAATAN SINIAR (PODCAST) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KOLABORATIF TINGKAT PERGURUAN TINGGI. Project Report. Institut Seni Indonesia Surakarta, Surakarta. (Unpublished)
![]() |
Text
Anisa Putri Cahyani - Copy - Copy.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (586kB) |
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi praktik pembelajaran Bahasa Inggris di perguruan tinggi menggunakan siniar atau podcast, diimplementasikan dengan pola metode gabungan Membaca dan Mendengarkan Ekstensif (Extensive Reading While Listening/ERWL) yang kolaboratif. Melibatkan dua kelas dengan tingkat kemampuan berbeda (intermediate dan advanced) masing-masing terdiri dari 18 hingga 20 mahasiswa, penelitian ini fokus menginvestigasi tiga hal, yaitu: 1) proses penentuan siniar (podcast) yang akan digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris berdasarkan kemampuan dasar mahasiswa 2) implementasi siniar (podcast) dalam pembelajaran Bahasa Inggris, dan 3) evaluasi implementasi siniar (podcast). Pengumpulan data adalah melalui pengamatan, wawancara, dan studi literatur, kemudian dianalisis secara kualitatif dengan mengacu pada prinsip Extensive Reading While Listening/ERWL dan Pembelajaran Kolaboratif. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi pada literatur tentang praktek nyata pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan siniar (podcast) khususnya yang berorientasi pada peserta didik, dengan pendekatan komunikatif dan kolaboratif sehingga diperoleh rekomendasi terkait implementasi penggunaan podcast untuk pembelajaran Bahasa Inggris.
Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Not controling keyword: | Siniar Podcast, Kolaboratif, Membaca Mendengarkan Ekstensif, Bahasa Inggris, Perguruan Tinggi |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Televisi dan Film |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Television and Film |
User deposit: | UPT. Perpustakaan |
Datestamp: | 16 Sep 2025 04:00 |
Last mod: | 16 Sep 2025 05:22 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/7763 |
Actions (login required)
![]() |
View item |