Prilosadoso, Basnendar Herry (2024) OPTIMALISASI UMKM DESA BAGOR, MIRI SEBAGAI PENOPANG OBYEK WISATA THE NEW KEMUSUK, SRAGEN MELALUI PELATIHAN ASPEK PEMASARAN MEDSOS INSTAGRAM DAN PRODUK KEMASAN (PACKAGING). Project Report. Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Seni Rupa dan Desain. (Unpublished)
![]() |
Text
4. Basnendar Herry Prilosadoso.pdf Download (8MB) |
Abstract
Objek wisata religi The New Kemukus yang terletak di Kecamatan Sumberlawang, Sragen terus dipercantik yang dulu dikenal karena stigma negatifnya itu, kini telah bertransformasi menjadi ikon wisata baru di Bumi Sukowati. Pemkab Sragen mengalokasikan anggaran pembangunan serta mempersiapkan badan layanan umum daerah (BLUD) untuk mengelola Gunung Kemukus. Wilayah The New Kemukus terletak dari bagian wilayah Desa Bagor, Miri, Sragen sebagai desa agraris dengan kondisi sosial budaya, ekonomi, pendidikan, kesehatan dan infrastruktur masyarakat yang memiliki 18 UMKM, seperti produk olahan makanan, konveksi, kuliner, mainan anak, dan usaha lainnya. Pemberdayaan masyarakat merupakan konsep pembangunan ekonomi pada masyarakat yang merangkum nilai-nilai masyarakat untuk membangun cara pandang baru masyarakat terhadap diri dan lingkungannya yang bersifat people centered, partisipatif, pemberdayaan, dan berkelanjutan. Beberapa pelatihan dalam rangka peningkatan baik secara produk, baik kuantitas, pengolahan produk olahan maupun aspek manajerial lainnya. Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM ini dari observasi terdiri 2 (dua) aspek, seperti belum adanya kemampuan promosi di medsos Instagram dan kemasan (packaging) dalam meningkatkan pemasaran produknya. Hootsuite Social trends 2021 menyebutkan bahwa Instagram menduduki posisi pertama sebagai platform media sosial paling efektif untuk mempromosikan bisnis. Instagram memiliki penetrasi tinggi langsung ke pasar sebesar 70%, sehingga berbagai bisnis mengikuti trend untuk menggunakan Instagram dalam mempromosikan produknya. Kegiatan ini sesuai Rencana Induk PPM ISI Surakarta bidang fokus PPM Penerapan Seni dan Teknologi Tepat Guna pada PPM untuk rekayasa aplikasi teknologi berbasis seni yang bertujuan Penerapan seni untuk diversifikasi produk kreatif. Metode kegiatan pendampingan promosi medsos (Instagram) dan kemasan menggunakan metode Design Thinking (Gavin Ambrose dan Paul Harris, 2010) melalui tahapan, yaitu : Define, Research, Ideate, Prototype, Select, Implementation, dan Learn. Luaran wajib PKM berupa artikel ilmiah (submitted) di jurnal terindeks Sinta, presentasi hasil kegiatan, Surat Keterangan Penerapan IPTEKS dari mitra, serta luaran tambahan berupa publikasi kegiatan di media massa, dan ajuan KI berupa Hak Cipta Desain Feed Instagram UMKM Desa Bagor.
Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Not controling keyword: | UMKM, Desa Bagor, Medsos Instagram, Pendampingan, Design Thinking |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design |
User deposit: | Sartini Sartini S.I.Pust |
Datestamp: | 12 Aug 2025 02:29 |
Last mod: | 12 Aug 2025 07:24 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/7620 |
Actions (login required)
![]() |
View item |