Ridlo, M Harun Rosyid and Risqita, Exa Syafina Jullyan and Febriani, Fani Amalia (2023) MITIGASI PERUBAHAN IKLIM: INSTAGRAM CAMPAIGN DENGAN STRATEGI KREATIF MAKANAN LOKAL RENDAH KARBON. Project Report. Institut Seni Indonesia Surakarta, Surakarta. (Unpublished)
![]() |
Text
1. Laporan Akhir-14 - Copy.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Perubahan iklim menjadi isu yang selalu hangat diperbincangkan dalam beberapa dekade terakhir. Upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim pun sudah banyak dilakukan, namun belum komprehensif dan efektif. Kendala utama komunikasi perubahan iklim adalah kurangnya kesadaran masyarakat soal urgensi dampak perubahan iklim. Masyarakat masih menganggap bahwa perubahan iklim adalah masalah sains, padahal berdampak besar pada kehidupan sosial. Maka, perlu adanya strategi komunikasi yang mudah diakses, berkaitan erat dengan audiens, dan mampu membangkitkan emosi. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun strategi kreatif komunikasi melalui kampanye online di layanan jejaring sosial Instagram. Pesan utama dalam kampanye ini adalah mitigasi perubahan iklim melalui konsumsi makanan lokal rendah karbon. Proses perancangan dilakukan dengan metode desain yang terdiri dari discovery, planning, creative, dan application. Hasil perancangan dapat memberikan gambaran bagaimana menyusun strategi komunikasi kreatif dan visual dalam kampanye mitigasi perubahan iklim melalui layanan jejaring sosial Instagram.
Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Not controling keyword: | perubahan iklim, kampanye, Instagram, makanan lokal, rendah karbon |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design |
User deposit: | UPT. Perpustakaan |
Datestamp: | 31 Jul 2025 15:20 |
Last mod: | 31 Jul 2025 15:20 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/7589 |
Actions (login required)
![]() |
View item |