Multimedia Development Life Cycle dalam Perancangan Boardgame sebagai Media Perangsang Perkembangan Psikomotorik Balita di Posyandu Anggrek Merpati Gajahan Surakarta

Downloads

Downloads per month over past year

Kurniawan, Rendya Adi (2022) Multimedia Development Life Cycle dalam Perancangan Boardgame sebagai Media Perangsang Perkembangan Psikomotorik Balita di Posyandu Anggrek Merpati Gajahan Surakarta. Project Report. Institut Seni Indonesia Surakarta, Surakarta. (Unpublished)

[img] Text
4. Laporan Akhir - Pemula - Rendya Adi Kurniawan-1 - Copy.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id

Abstract

Perhatian masyarakat Indonesia saat ini sedang berfokus pada permasalahan kesehatan. Semenjak Indonesia diguncang pandemi Covid-19 sejak pertengahan tahun 2020, kini masyarakat Indonesia yang dulunya mungkin merasa acuh tak acuh terhadap faktor kesehatan. Masyarakat kini perlahanlahan mulai semakin membuka diri akan pentingnya menjaga kesehatan baik pribadi maupun lingkungan sekitarnya. Pemenuhan kebutuhan kesehatan juga semakin tinggi dan tetap bertahan tinggi sampai pada masa pasca-pandemi Covid-19 ini. Salah satunya adalah pemenuhan permintaan tentang kebutuhan akan fasilitas kesehatan yang memadai dan bisa menjangkau lapisan terbawah dalam masyarakat. Banyak faktor yang mempengaruhi mengapa animo masyarakat untuk hadir di Posyandu semakin menurun. Faktor utama tentu saja adanya rasa waspada hasil dari pandemic Covid-19. Masih banyak ibu-ibu yang khawatir ketika mengajak balitanya berkunjung ke Posyandu terdekat. Faktor lain yang berpengaruh adalah terlalu monotonnya bentuk pelayanan yang diberikan di Posyandu tersebut. Perlu adanya suatu terobosan baru yang memungkinkan Posyandu menjadi suatu tempat yang nyaman, asik dan menyenangkan. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pengadaan permainan yang mempunyai daya interaktif serta menjadi media edukasi dan perkembangan kesehatan Balita dan anak-anak. Penelitian terapan ini akan memadukan beragam disiplin ilmu sangat berperan dalam merancang sebagai solusi dalam memecahkan permasalahan tersebut. Lintas bidang desain produk, desain komunikasi visual dan bidang ilmu lainnya yang akan sangat memperhatikan perencanaan dan perancangan media edukasi dan informasi berupa permainan anak yang tidak terlepas dari aspek organisasi bidang dan organisasi visual. Kombinasi dari kedua bidang tersebut dapat merangsang perkembangan psikomotrik pada balita dan anak. Berdasarkan latar belakang tersebut dicoba untuk mengembangkan solusi berupa perancangan media permainan anak sebagai media untuk merangsang perkembangan psikomotorik pada balita yang dapat digunakan sebagai media penyampaian informasi dan sekaligus rekreasi kepada keluarga.

Type: Monograph (Project Report)
Not controling keyword: Boardgame, Posyandu, Multimedia, , Ilustrasi, Concept Art
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: UPT. Perpustakaan
Datestamp: 30 Jul 2025 05:07
Last mod: 30 Jul 2025 05:07
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/7549

Actions (login required)

View item View item