Nuris, Rachmad Anwar (2024) PENERAPAN BRANDING TOUCHPOINT PADA MAJELIS TAKLIM ZAADUL MUSLIM. S2 thesis, ISI Surakarta.
![]() |
Text
TESIS RACHMAD ANWAR NURIS 2024 pot.pdf Download (744kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena masifnya jumlah jamaah Majelis Taklim Zaadul Muslim walaupun konten pengajiannya bersifat tertutup dan eksklusif, penelitian ini menjadi penting karena akan menguak faktor apa saja yang menjadikan Majelis Taklim tersebut begitu diminati oleh para jamaahnya dengan segala kelebihan yang diterapkan secara khas dan dapat menggaet segemen pasar tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengungkap pemikiran yang disebarkan oleh Habib Allwi As-Segaf selaku pendiri Majelis Taklim tersebut, 2. Menjelaskan disiminasi pemikiran melalui aktivitas brand touchpoint yang dilakukan, dan 3. Mengungkap presepsi jamaah terhadap aktivitas Branding yang diterapkan oleh Majelis Taklim Tersebut. Penelitian ini menggunakan metode touchpoint oleh Alina Wheeller yang diterapkan oleh Majelis Taklim Zaadul Muslim melalui pendekatan kualitatif. Fokus utama penelitian adalah untuk memahami hubungan emosional yang kuat antara jamaah dan Majelis Taklim, yang tercermin dalam tingkat loyalitas dan fanatisme mereka terhadap Majelis Taklim tersebut. Pendekatan kualitatif dari aspek sistim kebudayaan oleh Talcott Parsons digunakan untuk menggali perspektif mendalam dari partisipan terkait dengan pengalaman mereka dalam berinteraksi dengan Majelis Taklim. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis konten. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat entitas kuat yang menjadi indikator berhasilnya brand touchpoint tersebut yang memberi dampak bertambahnya jumlah para jamaah secara masif dari berbagai kalangan dan lapisan masyarakat. Temuan tersebut berupa 1. model dakwah yang disebarkan oleh sosok Habib Alwi As-Segaf selaku pendiri Majelis Taklim beraqidah Asy’ariyah wal Maturidiyyah. 2. Seluruh aktivitas branding touchpoint yang dilakukan oleh Majelis Taklim Zaadul Muslim menghasilkan hubungan emosional yang baik dan citra kelompok yang kuat, 3. Presepsi jamaah terhadap aktivitas branding Majelis Taklim Zaadul Muslim berhasil melekatkan citra sebagai Majelis Taklim yang positif di benak para jamaahnya. Ranah spiritual sangat melekat pada penelitian ini dan ditemukan juga sistim kepercayaan yang sangat otentik pada para jamaahnya, maka rekomendasi untuk keberlanjutan pada penelitian ini akan sangat menarik jika diteliti pada pendekatan antropologi, sehingga diharapkan muncul kebaruan lain dari objek penelitian ini. Penelitian ini juga dapat menjadi alternatif untuk para Majelis Taklim baru dalam mengembangkan branding untuk menarik minat para calon jamaahnya.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Not controling keyword: | Majelis Taklim, Branding, Touchpoint, Zaadul Muslim |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Penciptaan dan Pengkajian Seni |
Divisions: | Faculty of Graduate Programs > School of Master Program (S2) |
User deposit: | Nyono Nyono Nyono |
Datestamp: | 11 Jul 2025 07:17 |
Last mod: | 11 Jul 2025 07:17 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/7431 |
Actions (login required)
![]() |
View item |