PENERAPAN KONSEP ADAPTIVE REUSE PADA DESAIN INTERIOR “KAFE SURAKARTEA” DI SURAKARTA

Downloads

Downloads per month over past year

TRUSTA, NABELLA DAYINTA (2025) PENERAPAN KONSEP ADAPTIVE REUSE PADA DESAIN INTERIOR “KAFE SURAKARTEA” DI SURAKARTA. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta.

[img] Text
NABELLA DAYINTA TRUSTA - UPLOAD.pdf

Download (3MB)
Official url: https://repository.isi-ska.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan konsep adaptive reuse pada interior kafe Surakartea di Kota Surakarta. Tujuan utamanya adalah memahami perubahan desain pendhapa yang kini berfungsi sebagai ruang komersial serta mengidentifikasi gaya desain interior yang diterapkan. Kafe ini, yang awalnya merupakan bangunan milik pejabat Keraton Kasunanan Surakarta, kini bertransformasi menjadi ruang publik dengan konsep kafe. Menggunakan pendekatan kualitatif berbasis interior, penelitian ini mengumpulkan data melalui literatur, wawancara, serta observasi langsung. Pendekatan ini membantu memahami transformasi desain interior dalam konteks adaptive reuse serta penerapan gaya desainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep adaptive reuse terlihat dalam perubahan pendhapa menjadi ruang kafe. Elemen interior, seperti pembentuk, pengisi, dan pengkondisi ruang, mengadopsi gaya Indis, perpaduan budaya Eropa dan Jawa. Gaya ini tercermin pada atap, dinding, pintu, jendela, dan ornamen bangunan. Interior kafe menonjolkan nuansa Indis dengan sentuhan ornamen Jawa, terutama di area indoor. Lokasinya yang berada di kawasan wisata serta konsep unik yang menggabungkan kafe teh dan seni pertunjukan menjadikannya daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Interior, Adaptive reuse, Kafe Surakartea, Gaya Indis
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Interior
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Interior Design
User deposit: Wahyu Karminah S.Sos., M.Ikom
Datestamp: 03 Jul 2025 08:20
Last mod: 03 Jul 2025 08:20
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/7413

Actions (login required)

View item View item