Iskandar, Riki (2023) DESAIN IDENTITAS VISUAL BRAND UNTUK MEMPERKUAT CITRA DESA PANDAI SIKEK, KECAMATAN X KOTO, KABUPATEN TANAH DATAR, SUMATRA BARAT. S3 thesis, ISI Surakarta.
|
Text
DISERTASI RIKI ISKANDAR 2023 pot.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang perancangan desain identitas Visual brand untuk memperkuat citra yang diterapkan pada Desa Pandai Sikek di Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendalami konsep visual yang digunakan, model artistik dalam struktur bentuk karya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Desain Thingking, serta relevansi karya dalam teori Branding Management dan AISAS. Konsep dasar visual diterapkan dalam proses perancangan logo, perancangan Graphic System Manua (GSM), dan Aplikasi logo pada berbagai media branding termasuk salah satunya adalah video promosi (identitas visual brand). Model artistik dalam struktur bentuk karya dijelaskan melalui pemilihan elemen visual yang terdiri dari visualisasi alam desa Pandai Sikek, Masyarakat, Budaya, Motif songket, dan Motif Ukiran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model artistik yang memadukan unsur tradisional dengan nuansa lokal. Penelitian ini memberikan kontribusi baru terhadap pemahaman praktik visual pada tingkat desa, khususnya dalam konteks lokal Kabupaten Tanah Datar. Keberhasilan strategi visual Desa Pandai Sikek dapat dijadikan referensi untuk pengembangan visual desa atau kawasan wisata serupa di berbagai daerah.
Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Not controling keyword: | Desa Pandai Sikek, visual, model artistik, identitas lokal, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Penciptaan dan Pengkajian Seni |
Divisions: | Faculty of Graduate Programs > School of Doctoral Program (S3) |
User deposit: | Nyono Nyono Nyono |
Datestamp: | 10 Dec 2024 06:24 |
Last mod: | 10 Dec 2024 06:24 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6926 |
Actions (login required)
View item |