Wardanny, Smirna (2022) KOREOGRAFI PELUK JIWA KARYA JONET SRI KUNCORO DAN WASI BANTOLO BERSAMA ANAK DISABILITAS TUNA RUNGU. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta.
|
Text
Smirna Wardanny -POTONG.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
KOREOGRAFI PELUK JIWA KARYA JONET SRI KUNCORO DAN WASI BANTOLO BERSAMA ANAK DISABILITAS TUNARUNGU (SMIRNA WARDANNY, 2021) Skripsi Program Studi S-1 Jurusan Seni Tari Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia (ISI Surkarta) Penelitian ini menjelaskan tentang proses penciptaan dan bentuk karya tari Peluk Jiwa. Permasalahan dalam penelitian ini meliputi: (1) bagaimana proses penciptaan koreografi tari Peluk Jiwa? (2) bagaimana bentuk karya tari Peluk Jiwa?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Teori yang digunakan untuk memecahkan permasalahan proses penciptaan koreografi menggunakan teori dengan tujuh tahapan yaitu elemen gerak tari, pemilihan tema, teknik, eksplorasi, organisasi, kesatuan, penyajian sedangkan untuk membedah bentuk karya Tari Peluk Jiwa menggunakan sembilan elemen pokok meliputi (1) judul tari, (2) tema tari, (3) jenis tari, (4) ruang tari, (5) gerak tari, (6) music tari, (7) metode penyajian, (8) penari, (9) rias dan busana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Tari Peluk Jiwa merupakan karya Jonet Sri Kuncoro dan Wasi Bantolo bersama anak disabilitas tuna rungu yang diciptakan melalui proses kreatif tujuh tahapan dan ditambahkan juga bentuk karya Peluk Jiwa adalah dramatari yang melibatkan penari anak disabilitas tuna rungu. Karya ini memuat pesan kesataraan sosial antara anak disabilitas tuna rungu dan anak normal.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Not controling keyword: | Tari Peluk Jiwa, Koregrafi, Proses Penciptaan |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Tari |
Divisions: | Faculty of Performance Arts > School of Dance |
User deposit: | Sartini Sartini S.I.Pust |
Datestamp: | 09 Dec 2024 04:37 |
Last mod: | 09 Dec 2024 04:37 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6912 |
Actions (login required)
View item |