Rohmah, Affi Nurtaria (2024) ANALISIS PERSEPSI GENDER PADA ANAK MELALUI PRAKTIR SENI GRAFIS BERSAMA KOMUNITAS YUK BELAJAR SENI (YBS). S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta.
|
Text
Affi Nurtaria Rohmah - up.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ANALISIS PERSEPSI GENDER PADA ANAK MELALUI PRAKTIK SENI GRAFIS BERSAMA KOMUNITAS YUK BELAJAR SENI (YBS), (Skripsi Affi Nurtaria Rohmah, 76 halaman). Jurusan Seni Rupa Murni, program Studi Seni Murni, Fakultas Seni Rupa dan Desai, Institut Seni Indonesia Surakarta. Persepsi mengidentifikasi bahwa pandangan yang timbul pada seseorang merupakan hasil dari fokus individu pada suatu objek. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui persepsi gender yang terbentuk pada karya grafis anak-anak dari hasil pengamatan mereka pada lingkungan sekitar (keluarga, sekolah, dan teman sebaya). Melalui komunitas YBS penelitian dilakukakan di SD Negeri 02 Gentungan, menggunakan pendekatan kontekstual. Teknik pengumpulan data utama yang diperoleh melalui praktik seni grafis dan wawancara dengan anakanak. Teknik grafis yang digunakan yaitu teknik grafis cetak tinggi dengan matriks Eva Foam. Anak-anak dilibatkan untuk memilih 8 profesi yang identik dengan maskulinitas dan femininitas. Penelitian ini menganalisis karya grafis anak-anak kelas 4 SD Negeri 02 Gentungan melalui teknik cetak tinggi dengan matriks Eva Foam. Hasilnya menunjukkan bahwa anak-anak berusia 10 tahun telah mengenali peran gender mereka, tercermin dari pemilihan profesi yang sesuai dengan jenis kelamin mereka, tanpa ada yang memilih profesi lawan jenis. Anak-anak memilih profesi berdasarkan kegiatan yang sering mereka lihat dari ibu mereka, mendukung pandangan Judith Butler bahwa identitas dan peran gender terbentuk melalui pengulangan tindakan dan perilaku yang diobservasi. Menariknya, lima anak lakilaki memilih profesi juru masak dan satu memilih penjahit, menunjukkan potensi subversi terhadap norma gender. Penelitian ini mendukung pandangan Butler bahwa, alam bawah sadar mempengaruhi pembentukan identitas gender dan seksual, yang merupakan hasil dari proses kompleks dan dinamis. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bagaimana tindakan berulang dalam konteks keluarga dan sosial membentuk identitas gender dan pilihan profesi anakanak, sesuai dengan konsep performativitas gender.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Not controling keyword: | Anak-anak, Komunitas, Persepsi Gender, Seni Grafis |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Seni Rupa Murni |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Fine Arts |
User deposit: | Wahyu Karminah S.Sos., M.Ikom |
Datestamp: | 06 Nov 2024 07:53 |
Last mod: | 06 Nov 2024 07:53 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6868 |
Actions (login required)
View item |