MAKNA TEMBANG MACAPAT SEBAGAI IDE PERANCANGAN BUKU POP UP PENUNJANG PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK KELAS 4-6 SEKOLAH DASAR

Downloads

Downloads per month over past year

HIDAYATULLAH, RAFI ISNAN (2023) MAKNA TEMBANG MACAPAT SEBAGAI IDE PERANCANGAN BUKU POP UP PENUNJANG PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK KELAS 4-6 SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta.

[img]
Preview
Text
Rafi Isnan H_17151142_Laporan Tugas Akhir - UP.pdf

Download (973kB) | Preview
Official url: https://repository.isi-ska.ac.id

Abstract

Tembang Macapat merupakan salah satu warisan budaya masyarakat Jawa yang masih eksis dipelajari dalam muatan lokal Bahasa Jawa mulai dari kelas 4-6 sekolah dasar. Pesan yang terkandung dalam Tembang Macapat kurang tersampaikan karena sifat pembelajaran yang monoton. Buku pop up memiliki keunggulan dibanding buku pada umumnya karena terdapat mekanisme pop up yang menarik dan komunikatif sehingga anak-anak lebih mudah memahami isi dari buku tersebut. Jenis penelitian kualitatif yang menggunakan model perancangan Design Thinking dari Emrah Yayici tahun (2016), yaitu Definition, Research, Interpretation, Ideation, Prototype, dan Evaluation. Tahap Definition menjabarkan latar belakang masalah, tahap Research merupakan tahap pengumpulan data dari berbagai sumber, Interpretation menggunakan model Mind Mapping dari Tony Buzan (2004) untuk merumuskan topik yang dibahas kemudian dipecahkan, lalu tahap Ideation menggunakan brainstorming untuk kerangka buku pop up dan tahap Prototyping menggunakan mekanisme pop up dari Paul Jackson (1993). Tahap Evaluation untuk mendapatkan feedback kelangsungan buku pop up. Promosi media lini bawah dilakukan guna mendukung tingkat awareness pada buku pop up kepada target audiens yaitu siswa. Perancangan buku pop up makna tembang macapat bertujuan sebagai alternatif media pembelajaran baru dengan menekankan pendidikan karakter pada anak untuk membentuk karakter yang baik sejak dini.

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Tembang Macapat, Design Thinking, Buku Pop Up, Pendidikan Karakter, Anak Sekolah Dasar
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Interior Design
User deposit: Wahyu Karminah S.Sos., M.Ikom
Datestamp: 04 Nov 2024 06:55
Last mod: 04 Nov 2024 06:55
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6860

Actions (login required)

View item View item