MUHAMMAD, FAWWAZ (2023) METODE MORFOLOGI DALAM PENERAPAN GAYA ILUSTRASI LUKIS KACA CIREBON PADA BOARD GAME MATEMATIKA UNTUK USIA REMAJA. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta.
|
Text
Fawwaz Muhammad_.UP.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ebuah survei dari Programme for International Student Assessment (PISA) yang dilakukan oleh Economic Co-operation and Development (OECD) di tahun 2018 menghasilkan data bahwa nilai matematika remaja Indonesia berada di bawah ratarata negara lainnya di Asia. Selain nilai matematika, kekurangan remaja Indonesia juga terdapat pada pengetahuannya akan budaya lokal yang masih rendah, termasuk di Cirebon dengan budaya Lukis Kaca. Hal ini dibuktikan dari hasil kuisioner dengan responden 52 pelajar di Cirebon, hanya 2 orang yang mengetahui Lukis Kaca Cirebon. Oleh karena itu, dibutuhkan media ajar yang dapat menjadi solusi alternatif untuk mengasah kemampuan matematika remaja, sekaligus untuk mengenalkan budaya Lukis Kaca Cirebon pada mereka. Media ajar yang dinilai efektif untuk menjangkau dua hal tersebut adalah board game. Dinilai efektif karena selain mengandung nilai edukatif dan menghibur, juga kompetitif di saat yang sama. Metode yang digunakan untuk menerapkan gaya Lukis kaca Cirebon pada board game yaitu matriks morfologi, yang dalam prosesnya menghasilkan banyak opsi ide visual. Board game kemudian dipromosikan dengan model AISAS (Attention – Interest – Search – Action – Share) dari Dentsu.di media social TikTok, karena banyak digunakan oleh remaja. Hasil ujicoba pada perancangan menunjukkan remaja menyukai board game dan visualnya yang dibuat dengan gaya Lukis Kaca Cirebon
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Not controling keyword: | Matematika, Lukis Kaca Cirebon, Board Game, Matriks Morfologi, dan TikTok |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design |
User deposit: | Wahyu Karminah S.Sos., M.Ikom |
Datestamp: | 03 Aug 2024 02:33 |
Last mod: | 03 Aug 2024 02:33 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6720 |
Actions (login required)
View item |