Herwanto, Andhika Putra (2024) VISUAL BRANDING PADA SPANDUK WARUNG TENDA PECEL LELE LAMONGAN. S3 thesis, ISI Surakarta.
|
Text
DISERTASI ANDIKA PUTRA HERWANTO 2024 pot.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang spanduk warung tenda pecel lele Lamongan. Perspektif kajian difokuskan pada spanduk sebagai media visual branding , sarana komunikasi efektif untuk mengenalkan dan mempromosikan produk kuliner yang ditawarkan oleh warung tenda pecel lele Lamongan. Maksud penelitian ini adalah untuk menemukan strategi visual branding pada warung pecel lele Lamongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang penggunaan spanduk oleh pedagang pecel lele Lamongan. Di samping itu juga untuk mengungkap bentuk spanduk yang digunakan oleh pedagang pecel lele Lamongan sebagai media visual branding . Tujuan yang lain adalah untuk menemukan strategi visual branding pada warung tenda pecel lele Lamongan. Studi kasus digunakan sebagai pendekatan penelitian ini dengan menerapkan metode kualitatif. Studi kasus dipilih karena memberikan kesempatan untuk melakukan analisis mendalam terhadap kasus tunggal pada fenomena yang kompleks. Analisis dilakukan dengan cara mengadaptasi metode analisis interaktif yang ditawarkan oleh Miles dan Huberman. Proses dalam metode analisis interaktif, pada dasarnya merupakan proses siklik antara pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi. Namun dalam penelitian ini dilakukan adaptasi dengan menerapkan proses tidak secara siklik, mengubah reduksi data menjadi kategori data. Penelitian ini berhasil menemukan yang pertama latar belakang penggunaan spanduk sebagai fungsi penutup warung, media informasi, promosi dan juga sebagi profesionalisme serta rasa percaya diri pedagang. Kedua, karakteristik spanduk dengan empat kecenderungan teks headline yang terdiri dari pecel lele Lamongan, lalapan Lamongan, seafood Lamongan, nasi uduk Lamongan. Ketiga, strategi visual branding pada warung pecel lele Lamongan yang di dalamnya mencakup strategi merek, strategi verbal visual, dan strategi pembuatan media. Strategi merek menyangkut strategi pembeda dan strategi pengelolaan merek. Strategi verbal visual berkenaan dengan konten visual yang mempresentasikan verbalitas produk. Strategi pembuatan media merupakan manifestasi dari proses produksi media. Signifikasi penelitian ini menstimulasi pemikiran baru di bidang desain komunikasi visual, yang mengedepankan konsep-konsep pemikiran pada visual branding skala UMKM khususnya merek kolektif. Pemikiran ini diperlukan untuk mengatasi kecenderungan berfikir dalam desain komunikasi visual yang mengedepankan branding corporate. Penelitian ini akan menumbuhkan usaha kuliner, dengan keutamaan konsep-konsep yang akan memperkuat tumbuhnya strategi visual branding UMKM secara kolektif.
Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Not controling keyword: | Visual Branding, Spanduk, Pecel Lele Lamongan |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Penciptaan dan Pengkajian Seni |
Divisions: | Faculty of Graduate Programs > School of Doctoral Program (S3) |
User deposit: | Nyono Nyono Nyono |
Datestamp: | 04 Apr 2024 02:39 |
Last mod: | 04 Apr 2024 02:39 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6524 |
Actions (login required)
View item |