Cahyaningtyas, Afika (2023) EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MUSIK MELALUI MEDIA TIK TOK UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI, DAYA INGAT DAN KUALITAS VOKAL SISWA GILANG RAMADHAN STUDIO BAND SOLO. S1 thesis, INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA.
|
Text
AFIKA POT.pdf Download (946kB) | Preview |
Abstract
Aplikasi Tik Tok merupakan aplikasi jejaring sosial yang dapat digunakan sebagai salah satu metode pembelajaran yang dikatakan cukup efektif dalam masa pandemi. Terdapat berbagai fitur yang dapat menarik minat siswa dalam belajar. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Tik Tok sebagai media pembelajaran vokal untuk melihat peningkatan partisipasi, daya ingat dan kualitas vokal siswa Gilang Ramadhan Studio Band Solo (GRSB) selama masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan behavioristik. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada peningkatan kualitas vokal siswa yang ditimbulkan melalui metode pembelajaran Tik Tok. Namun terdapat perbedaan nilai yang signifikan pada daya ingat dan partisipasi siswa GRSB Solo. Nilai yang didapat setelah menggunakan Tik Tok lebih tinggi dari nilai sebelum menggunakan media Tik Tok. Kata kunci : Pembelajaran vokal, tanpa tatap muka, Tik Tok.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Not controling keyword: | Pembelajaran vokal, tanpa tatap muka, Tik Tok |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Etnomusikologi |
Divisions: | Faculty of Performance Arts > School of Etnomusicology |
User deposit: | Eko Sulistyo S.Sn |
Datestamp: | 21 Mar 2024 06:25 |
Last mod: | 21 Mar 2024 06:25 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6504 |
Actions (login required)
View item |