KAJIAN SISTEM TANDA DAN PESAN FILM SANDEKALA KARYA AMRIY RAMADHAN (PERSPEKTIF ISLAM DAN KEBUDAYAAN)

Downloads

Downloads per month over past year

Pratama, Andri Albertha (2020) KAJIAN SISTEM TANDA DAN PESAN FILM SANDEKALA KARYA AMRIY RAMADHAN (PERSPEKTIF ISLAM DAN KEBUDAYAAN). S2 thesis, ISI Surakarta.

[img] Text
TESIS ANINTYA WANDA PERMANA 2020 pot.pdf

Download (656kB)

Abstract

Film Sandekala adalah film yang bercerita tentang seorang ibu dan putrinya yang hendak pulang pada saat pergantian hari dari terang ke gelap (magrib), namun mereka terpaksa menemui peristiwa supranatural pada saat mereka melewati lorong jalan yang sepi. Film pendek bergenre horor yang rilis pada tahun 2016 ini merupakan film pendek hasil garapan Amriy Ramadhan bersama Snap Films yang dibintangi oleh Rizka Dwi Septiana dan Keysia Safalina ini diadaptasi dari keyakinan masyarakat tentang misteri yang terjadi pada saat waktu di penghujung senja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur sistem tanda dan pesan-pesan film yang ditinjau dari perspektif Islam dan kebudayaan yang disampaikan dalam film Sandekala. Selain itu peneliti juga untuk mengetahui bagaimana proses encoding ideologi dalam film berdasarkan proses semiosis dan klasifikasi tanda (kode) yang terjadi pada sebaran tanda dalam adegan-adegan yang ditampilkan film terhadap proses decoding pesan-pesan yang disampaikan sebagai hasil interpretasi berupa kesan (impresi) yang dialami oleh penonton pada saat menyaksikan film Sandekala. Tanda-tanda tersebut dideskripsikan dan dikaji menggunakan metode analisis semiotika dengan model triadic trikotomi tanda yang dikembangkan oleh Charles Sander Peirce dalam konsep analisis klasifikasi sepuluh kelas tanda. Studi ini menunjukkan proses decoding pesan yang dihasilkan dari interpretasi penonton terhadap representasi tanda yang mereka peroleh saat menyaksikan film sangat dipengaruhi oleh perspektif dan latar belakang pengetahuan, pendidikan, kepercayaan/keyakinan agama, sosial dan kebudayaan yang mereka miliki. Untuk menghasilkan interpretasi pesan film yang mendetail dan mendalam maka proses encoding tanda-tanda perlu memperhatikan unsur-unsur pembentuk film seperti type of shot, camera movement, framing angle camera, visual effect, sound effect, special effect serta penokohan karakter dalam film.

Type: Thesis (S2)
Not controling keyword: Film Sandekala, struktur sistem tanda, encoding, decoding, semiotik.
Subject: 1. ISI Surakarta > Penciptaan dan Pengkajian Seni
Divisions: Faculty of Graduate Programs > School of Master Program (S2)
User deposit: Nyono Nyono Nyono
Datestamp: 15 Mar 2024 01:57
Last mod: 15 Mar 2024 01:57
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6478

Actions (login required)

View item View item