TRANSFORMASI TEKSTUAL DAN KONTEKSTUAL PADA LAGU GÉNJÉR-GÉNJÉR

Downloads

Downloads per month over past year

Nugroho, Ganang Prakoso Adhi (2023) TRANSFORMASI TEKSTUAL DAN KONTEKSTUAL PADA LAGU GÉNJÉR-GÉNJÉR. S1 thesis, INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA.

[img] Text
Laporan TA -POTONG.pdf

Download (1MB)
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id/

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Transformasi bentuk tekstual dan kontekstual pada Lagu Génjér – Génjér yang setiap transformasinya memiliki bentuk teks dan makna yang berbeda bergantung pada kepentingan siapa yang menyanyikannya, penelitian akan dimulai dari awalmula sebelum diciptakannya oleh M. Arief sampai pada tahap menyanyikan Lagu Génjér – Génjér dianggap suatu tindakan kejahatan oleh Pemerintah Orba Permasalahan yang berkaitan dengan Transformasi Génjér – Génjér antara lain : 1. Bagaimana bentuk tekstual dan kontekstual lagu Génjér - Génjér pada setiap tahap transformasinya ? 2. Mengapa proses transformasi pada Génjér – Génjér terjadi ? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mendasarkan pada teori analisis musik dan adaptasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa Génjér – Génjér awalnya berbentuk Lagu Dolanan yang berjudul Tong Alak Gentak, M. Arief lalu mengadaptasi bagian dari Tong Alak Gentak menjadi Génjér – Génjér, berkembangnya kesenian di Banyuwangi membuat Génjér - Génjér dikreasikan oleh Srimuda di bawah Lekra organisasi underbow PKI dengan instrumen Angklung. Pada titik ini Génjér – Génjér sebagai lagu yang digunakan oleh PKI dalam melakukan kampanye, setelah itu Génjér – Génjér menjadi lebih populer ketika dibawakan oleh Bing Slamet dengan menggunakan instrumen modern, sehingga Génjér – Génjér menghilang bersamaan dengan di bubarkannya PKI. Transformasi pada Génjér – Génjér terjadi karena kepentingan individu atau kelompok M. Arief menggunakannya untuk kritik, Srimuda menggunakan untuk acara hajatan dan pertemuan penting petinggi PKI dan sebagai media propaganda, Bing Slamet didasari karena Presiden Soekarno sedang mempromosikan musik daerah dan untuk bersaing di Industri musik dunia, sedangkan Presiden Soeharto menggambarkan Génjér – Génjér adalah atribut PKI, sehingga dianggapnya sebagai lagu yang haram untuk dinyanyikan. Kata Kunci : Génjér- Génjér, Transformasi, Tekstual, Kontekstual

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Génjér- Génjér, Transformasi, Tekstual, Kontekstual
Subject: 1. ISI Surakarta > Etnomusikologi
Divisions: Faculty of Performance Arts > School of Etnomusicology
User deposit: Eko Sulistyo S.Sn
Datestamp: 01 Feb 2024 06:36
Last mod: 01 Feb 2024 06:36
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6400

Actions (login required)

View item View item