NARASI VISUAL INFOGRAFIS PARENTING MEDIA MASSA ONLINE

Downloads

Downloads per month over past year

Sufiana, Sufiana (2022) NARASI VISUAL INFOGRAFIS PARENTING MEDIA MASSA ONLINE. S3 thesis, ISI Surakarta.

[img]
Preview
Text
DISERTASI SUFIANA 2022 pot.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berfokus pada infografis statis tentang pengasuhan anak usia 1-5 tahun di media massa online Haibunda.com, Ibupedia.com, dan Theasianparent.com Indonesia. Narasi visual infografis parenting adalah konsep bercerita visual tentang tindakan orang tua terhadap anak yang disajikan melalui infografis. Kajian tentang infografis parenting ini belum dilakukan, yang ada berbasis perancangan. Kajian umum tentang infografis sebelumnya berfokus pada efektivitas, interaktivitas narasi, warna, ilustrasi, dan peran infografis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kepustakaan. Tujuan penelitian untuk mengungkap faktor yang melatarbelakangi peristiwa sosial parenting dinarasikan dengan infografis, menggunakan pendekatan desain komunikasi visual Amy Artnston dan Robin Landa, ditunjang teori komunikasi massa Denis McQuail. Mengungkap sistem membangun makna narasi visual infografis parenting melalui konsep Triadik Sumbo Tinarbuko dan Roland Barthes, serta narasi visual Tony Caputo. Mengungkap pola narasi visual infografis parenting di website dan Instagram dengan pendekatan desain komunikasi visual, estetika Thomas Aquinas untuk menganalisis nilai-nilai estetis pola penyajian infografis. Miles dan Huberman digunakan untuk reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) faktor yang melatarbelakangi peristiwa sosial parenting dinarasikan dengan infografis adalah; kebutuhan informasi parenting, tren budaya visual, pemenuhan kebutuhan pembacaan cepat, peningkatan pengetahuan, dan performa media. (2) Sistem membangun makna narasi visual infografis parenting melalui; a. integrasi antar komponen dan kaidah penyajian (kejelasan, realisme, dinamisme, keberlanjutan); b. tanda visual-verbal; c. konsep penyajian (ide), makna, gaya dan bobot narasi visual. (3) Pola narasi visual infografis parenting pengasuhan anak di media parenting menggunakan pola linier klasik, kombinasi, komik, poster dan tabel, namun penggunaannya dalam porsi berbeda. Pola tersebut mengacu pada sub-konsep; perkembangan, desain estetis, dan fungsi, yang dipayungi oleh ilmu narasi visual dalam bidang keilmuan Desain Komunikasi Visual. Novelties penelitian, infografis pola asuh anak usia 1- 5 tahun sebagai model acuan dalam konsep narasi visual infografis parenting baik di media online maupun offline, khususnya latar belakang penarasian, sistem membangun makna, dan pola narasinya. Menjadi kebaruan karena belum pernah dilakukan kajian. Hasil kajian diharapkan memperkaya khasanah pengembangan narasi visual infografis di media parenting online dan pengembangan studi Desain Komunikasi Visual digital pada khususnya. Berkontribusi terhadap pengem-bangan industri kreatif Indonesia. Sinergitas antar keilmuan dapat memperluas cakupan keilmuan DKV melalui narasi visual infografis. Keterlibatan semiotika sebagai teori untuk membongkar makna (decoding) dan estetika dapat memperkaya pengetahuan nilai-nilai estetis pola penyajian narasi visual infografis yang lebih dinamis, estetis, dan kekinian.

Type: Thesis (S3)
Not controling keyword: Narasi visual, infografis, media massa online, parenting
Subject: 1. ISI Surakarta > Penciptaan dan Pengkajian Seni
Divisions: Faculty of Graduate Programs > School of Doctoral Program (S3)
User deposit: Nyono Nyono Nyono
Datestamp: 20 Dec 2023 06:39
Last mod: 20 Dec 2023 06:39
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6337

Actions (login required)

View item View item