ANDRIANSYAH, Gusnanda (2023) STUDI AKSESIBILITAS TUNADAKSA PADA INTERIOR SLB-D YPAC SURAKARTA. S1 thesis, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.
|
Text
GUSNANDA ANDRIANSYAH.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan pengkajian mengenai kesesuaian aksesibilitas yang diterapkan di SLB-D YPAC Surakarta. Aksesibilitas merupakan bagian dari studi desain interior yang perlu untuk diperhatikan agar kenyamanan dapat dirasakan oleh semua orang termasuk penderita disabilitas. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana standar aksesibilitas pada ruang interior dan bagaimana kesesuaian aksesibilitas yang ada di SLB-D YPAC Surakarta berdasarkan pedoman Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia Nomor 14/PRT/M/2017 Tentang Persyaratan Kemudahan Bangunan Gedung serta tingkat kenyamanan pada aksesibilitas interior berdasarkan kenyamanan siswa. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi yaitu metode penelitian yang menggabungkan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, studi pustaka, dan angket. Setiap unit data yang diperoleh dari berbagai sumber selalu dikomparasikan dengan data yang lain untuk menemukan beragam hal yang diperlukan untuk mencapai tujuan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa masih banyak fasilitas interior yang belum memenuhi standar aksesibilitas berdasarkan pedoman Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia Nomor 14/PRT/M/2017 dan berdasarkan kenyamanan siswa dalam penggunaannya. Ketidaksesuaian tersebut membuat siswa harus menyesuaikan agar fasilitas aksesibilitas interior tetap dapat digunakan. Kata Kunci : Aksesibilitas, Disabilitas, Interior, SLB-D YPAC Surakarta.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subject: | 1. ISI Surakarta > Desain Interior |
User deposit: | Raden Lalan Fuandara |
Datestamp: | 15 Dec 2023 03:49 |
Last mod: | 15 Dec 2023 03:49 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6324 |
Actions (login required)
View item |