RETORIKA VISUAL IKLAN ULTRA MILK X ITZY DI MEDIA YOUTUBE

Downloads

Downloads per month over past year

Aisyah, Chairini (2023) RETORIKA VISUAL IKLAN ULTRA MILK X ITZY DI MEDIA YOUTUBE. S2 thesis, ISI Surakarta.

[img]
Preview
Text
TESIS CHAIRINI AISYAH 2023 pot.pdf

Download (471kB) | Preview

Abstract

Industri periklanan di Indonesia saat ini banyak menggunakan brand ambassador yang berasal dari Korea Selatan. Penggunaan brand ambassador tersebut dianggap memiliki pengaruh dan penggemar yang banyak. Sejak masuknya budaya Hallyu dan menyebar di Indonesia, masyarakat mulai mengenal beberapa budaya Korea Selatan seperti drama, musik, produk kecantikan dan makanan. Iklan sebagai alat komunikasi pesan, berusaha untuk membujuk konsumen dalam memilih produk. Iklan yang menggunakan visualisasi dari Korea Selatan, terbilang efektif dalam meningkatkan penjualan produk lokal dan citra dari produk tersebut. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis makna pesan dan citra visual yang ditampilkan iklan dalam mengkampanyekan #DontStopYourMove berkolaborasi dengan idol Korea ITZY di media sosial YouTube untuk generasi muda. Penelitian ini menggunakan paradigma kritis melalui metode penelitian kualitatif deskriptif untuk melakukan identifikasi data dan analisis teks visual iklan dengan langkah pengamatan melalui scene pada iklan. Penelitian ini menggunakan pendekatan segitiga retorik dan alur komunikasi AISAS Model. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan interpretasi makna pesan pada iklan dan menganalisis citra visual serta menganalisis aktivitas Audiens akan ketertarikan pada iklan Ultra Milk untuk melihat posisi iklan dan brand ambassador ITZY yang mempromosikan produk susu Ultra Milk dan mengkampanyekan #DontStopYourMove. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Makna pesan iklan Ultra Milk agar generasi muda yang memiliki aktivitas banyak untuk mengkonsumsi susu sebagai pendamping gizi, menjadi generasi yang “Don’t Stop Your Move to be Unstoppable Generation, (2) Citra visual yang dibangun Ultra Milk yang berkolaborasi dengan ITZY diharapkan agar Audiens seperti idol Korea memiliki karakter yang unik, semangat, berbeda dan aktif bergerak, (3) Iklan tersebut mendapatkan perhatian dari Audiens melalui brand ambassador, visual dan produk.

Type: Thesis (S2)
Not controling keyword: iklan, retorika visual, duta merek, kampanye, audiens
Subject: 1. ISI Surakarta > Penciptaan dan Pengkajian Seni
Divisions: Faculty of Graduate Programs > School of Master Program (S2)
User deposit: Nyono Nyono Nyono
Datestamp: 08 Dec 2023 03:15
Last mod: 08 Dec 2023 03:15
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6314

Actions (login required)

View item View item