FEBRIANI, DIAN REZA (2020) PENERIMAAN MAHASISWA TERHADAP DAYA TARIK IKLAN WEBSERIES “THE UNTOLD STORY OF KEENAN PEARCE” (STUDI KASUS MAHASISWA DKV ISI SURAKARTA. S1 thesis, ISI Surakarta.
|
Text
Dian Reza Febriani.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Analisis penerimaan adalah studi untuk memahami teks media dengan menganalisis bagaimana teks-teks ini dibaca oleh khalayak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan teori analisis penerimaan yang memahami hasil pembacaan khalayak ketika menyaksikan tayangan iklan, serta digunakan untuk melihat dan memahami sikap, penerimaan, dan feedback yang dibentuk oleh audiens terhadap daya tarik dalam tayangan itu sendiri. Teknik wawancara mendalam terhadap beberapa informan terpilih dilakukan untuk membaca bagaimana penerimaan khalayak terhadap sebuah iklan dengan mengelompokkannya menjadi tiga kategori daya tarik yaitu daya tarik alur cerita, isi pesan, sinematografi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa para informan memiliki pandangannya masing-masing yang dipengaruhi oleh latar belakang yang dimilikinya. Daya tarik isi pesan adalah yang paling dominan dibanding dengan dua unsur daya tarik lainnya. Selain itu, beberapa informan mengaku bahwa sosok Keenan Pearce sudah dikenal sebagai sosok kreatif karena kesehariannya di dunia agensi kreatif sehingga membangun trust tersendiri kepada khalayak ketika melihat Keenan Pearce. Hal itu juga menjadikan kesan dan pesan yang ingin disampaikan sangat mudah melekat pada ingatan khalayak ketika menonton web series. Kata Kunci : Iklan, Webseries, YouTube, Khalayak, Reception Analysis
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subject: | 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design |
User deposit: | Raden Lalan Fuandara |
Datestamp: | 07 Mar 2023 04:24 |
Last mod: | 07 Mar 2023 04:24 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/5873 |
Actions (login required)
View item |