MENINGKATKAN CITRA MEREK “ALAMANDA CAKE DAN SNACK” MELALUI PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN PROMOSI

Downloads

Downloads per month over past year

MASRURI, ASWIN (2022) MENINGKATKAN CITRA MEREK “ALAMANDA CAKE DAN SNACK” MELALUI PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN PROMOSI. S1 thesis, ISI Surakarta.

[img]
Preview
Text
ASWIN MASRURI UP.pdf

Download (904kB) | Preview
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id

Abstract

ABSTRAK ”MENINGKATKAN CITRA MEREK “ALAMANDA CAKE & SNACK” MELALUI PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN PROMOSI” (Aswin Masruri) Tugas Akhir Karya Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Desain, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Surakarta. Alamanda Cake dan Snack merupakan salah satu produsen cake, kue, dan snack yang masih produktif di Jaten, Kabupaten Karanganyar. Alamanda Cake dan Snack memiliki 90 varian produk yang diantaranya jajanan pasar dianggap sebagai produk bestseller dan menjadi ciri khas. Identitas visual merupakan suatu cara yang memungkinkan suatu perusahaan untuk dapat dikenal dan menjadi pembeda dari kompetitor sejenis. Namun ditinjau dari segi visual Alamanda Cake dan Snack memiliki kekurangan dalam identitas visual sehingga tidak memiliki identitas yang jelas dan menggambarkan karakter perusahaan. Oleh karena itu, perlu adanya perancangan identitas visual perusahaan agar konsisten dan menggambarkan karakter perusahaan yang jelas. Metode yang digunakan sebagai perancangan yaitu menggunakan Design Thingking yang diajukan oleh Gavin Ambrose dan Paul Harris (2010). Perancangan ini menghasilkan sistem identitas visual berupa logo, tipografi, warna, supergraphic dan pengaplikasian media promosi. Perancangan identitas visual melihat pada sejarah nama perusahaan Alamanda dan ciri khas produk jajanan pasar Kueku sebagai keunggulan dan memberi kesan pembeda kepada pesaing bisnis serupa. Media promosi dirancang berdasarkan target audiens viii yang telah ditentukan pada strategi media dengan tujuan memperkenalkan kembali Alamanda Cake dan Snack kepada masyarakat dan membentuk positioning terhadap audiens. Penetapan media promosi dekembangkan berdasarkan metode AISAS kemudian diimplementasikan pada berbagai media, seperti : stasionary kit, kemasan, seragam, katalog, neon box, merchandise, billboard, sosial media dan transit advertising. Perancangan ini perlu untuk ditingkatkan pada research dengan mengumpulkan data primer melalui teknik wawancara, obeservasi, dan dokumentasi, serta peningkatan implementasi untuk kepatutan produksi. Kata Kunci : Identitas Visual, Alamanda Cake dan Snack, Promosi.

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Identitas Visual, Alamanda Cake dan Snack, Promosi
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: Eko Sulistyo S.Sn
Datestamp: 28 Feb 2023 09:55
Last mod: 28 Feb 2023 09:55
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/5852

Actions (login required)

View item View item