PERANCANGAN IKLAN WARUNG DISEBLAKIN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Downloads

Downloads per month over past year

PUTRA, AJISURA PRABAWANING ARINTO (2022) PERANCANGAN IKLAN WARUNG DISEBLAKIN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. S1 thesis, ISI Surakarta.

[img]
Preview
Text
Ajisura Prabawaning_15151120_DKV_ UP.pdf

Download (670kB) | Preview
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id

Abstract

ABSTRAK Seblak adalah salah satu makanan tradisional yang terkenal di seluruh Indonesia, Makanan yang berasal dari Kota Kembang (Bandung) ini awalnya adalah makanan tradisional yang berkembang menjadi makanan Kekinian yang banyak digemari oleh banyak orang. Meskipun Seblak makanan tradisional jaman dahulu yang sering dikonsumsi oleh orang bandung, namun makanan tradisional ini telah melekat dan dikenal sebagai makanan populer dan masa kini dengan memodivikasi makanan Seblak ke beberapa pilihan Topping yang lebih digemari anak remaja sesuai dengan perkembangan jaman sehingga makanan Seblak tidak hanya di gemari di Kota Bandung saja namun makanan Seblak sudah menajadi makanan populer di seluruh Kota di Indonesia termasuk Kota Solo. Setelah dilakukan observasi pada situs media sosial Instagram yang dikelola oleh Warung Diseblakin, salah satu UMKM makanan Seblak di Kota Solo. Warung Diseblakin sudah menggunakan Media Sosial yaitu Instagram untuk mempromosikan UMKMnya. Namun dari banyaknya promosi yang dilakukan, promosi tersebut tidak terfokus pada daya tarik dan keunikan yang dimiliki yaitu varian level, varian Topping Seblak yang kekinian dan penonjolan pelayanan yang khas dan unik untuk mendapat pelanggan. Berdasarkan masalah tersebut, penciptaan strategi promosi ini bertujuan untuk merancang strategi promosi yang berada pada ranah global. Metode Penciptaan yang digunakan yaitu metode desain thingking dengan pencarian data melalui metode observasi, metode wawancara dengan pihak Warung Diseblakin maupun target audiens, metode studi pustaka, dan metode kuesioner. Hasil penelitian yang dicapai adalah dengan merancang strategi promosi iklan di Instagram bagi Warung Diseblakin dengan cara menggunakan varian level, varian Topping Seblak yang kekinian dan penonjolan pelayanan yang khas dan unik untuk mendapat pelanggan sebagai bahan utama untuk kegiatan promosi ini. Sehingga, dengan demikian hasil penelitian tersebut dapat bermanfaat bagi Warung Diseblakin. Kata kunci : Iklan, Promosi, Media Sosial, Instagram, Seblak, UMKM,

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Iklan, Promosi, Media Sosial, Instagram, Seblak, UMKM
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: Eko Sulistyo S.Sn
Datestamp: 28 Feb 2023 09:45
Last mod: 28 Feb 2023 09:45
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/5851

Actions (login required)

View item View item