MUHAMMAD, NAUFAL (2022) PERAN TATA CAHAYA SEBAGAI PEMBANGUN UNSUR DRAMATIK PADA FILM MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK. S1 thesis, ISI Surakarta.
|
Text
Naufal Muhammad - UP.pdf Download (812kB) | Preview |
Abstract
PERAN TATA CAHAYA SEBAGAI PEMBANGUN UNSUR DRAMATIK PADA FILM MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK (Naufal Muhammad, 2021, hal. X – 59) Skripsi S-1 Program Studi Film dan Televisi, Jurusan Seni Media Rekam, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Surakarta. Film tidak lepas dengan yang namanya sinematografi. Kamera sebagai senjata utama ketika suting membutuhkan penataan cahaya yang baik untuk menghasilkan gambar yang baik pula. Penataan cahaya pada beberapa film sering diciptakan hanya sebagai sumber penerangan yang sekedar terang. Namun pada film Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak tata cahaya selain digunakan sebagai sumber penerangan, di film ini tata cahaya dapat menjadi pembangun unsur dramatik (suspense, surprise, curiosity, dan konflik). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, studi pustaka dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa unsur dramatik pada film dapat terbangun oleh tata cahaya. Unsur dramatik banyak terbangun oleh cahaya api yang berperan utama sebagai artistik. Tata cahaya juga membantu terciptanya kesan jarak, ruang, dan waktu.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Not controling keyword: | Film Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak, Tata Cahaya, Unsur Dramatik, Sinematografi. |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Televisi dan Film |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Television and Film |
User deposit: | UPT. Perputakaan |
Datestamp: | 29 Nov 2022 07:39 |
Last mod: | 29 Nov 2022 07:39 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/5734 |
Actions (login required)
View item |