PERKEMBANGAN BENTUK PERTUNJUKAN TARI NGREMA GAGRAK ANYAR PADA SANGGAR PUTRA BIMA RESPATI DI SURABAYA

Downloads

Downloads per month over past year

Mayangsari, Ade Ridha (2020) PERKEMBANGAN BENTUK PERTUNJUKAN TARI NGREMA GAGRAK ANYAR PADA SANGGAR PUTRA BIMA RESPATI DI SURABAYA. S1 thesis, ISI Surakarta.

[img]
Preview
Text
ADE RIDHA MAYANGSARI Pot.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PERKEMBANGAN BENTUK PERTUNJUKAN TARI NGREMA GAGRAK ANYAR PADA SANGGAR PUTRA BIMA RESPATI DI SURABAYA, (ADE RIDHA MAYANGSARI, 2020), Skripsi Program Studi S1, Jurusan Tari, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Surakarta. Tari Ngrema Gagrak Anyar merupakan tari garapan baru yang biasa di pentaskan untuk acara pembukaan maupun penyambutan tamu. Tari Ngrema Gagrak Anyar diciptakan pada tahun 2005 dan mengalami perkembangan pada tahun 2010-2020 perkembangan yang terjadi yakni pada bentuk pertunjukan maupun wilayah pengenalannya, sehingga menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan bentuk pertunjukan tari Ngrema Gagrak Anyar pada Sanggar Putra Bima Respati di Surabaya. Beberapa rumusan masalah tersebut antara lain: (1). Bagaimana Perkembangan Bentuk Pertunjukan Tari Ngrema Gagrak Anyar Pada Sanggar Putra Bima Respati di Surabaya? (2). Apakah Faktor pendukung perkembangan tari Ngrema Gagrak Anyar?. Penelitian ini menggunakan landasan teori bentuk oleh Sri Rochana Widyastutieningrum dan teori perkembangan oleh Ben Suharto. Dalam memaparkan faktor pendukung perkembangan digunakan teori oleh Edi Sedyawati. Penelitian ini menggunakan pendekatan etnokoreologi yakni pendekatan yang mengkaji budaya tari etnik non barat. Penelitian data bersifat kualitatif menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini dapat diperoleh gambaran yang berkaitan dengan perkembangan bentuk pertunjukan yang terdiri dari elemen-elemen pada tari meliputi : penari, gerak, rias, busana, karawitan tari, pola lantai, waktu dan tempat pertunjukan. Perkembangan penyebarluasan tari Ngrema Gagrak Anyar diawali dari digunakannya sebagai materi bahan ajar di Sanggar Putra Bima Respati, selanjutnya digunakan sebagai materi bahan ajar sekolah-sekolah dasar di Surabaya yang kemudian menyebar di kota Surabaya. Fenomena yang terjadi menjadikan tari Ngrema Gagrak Anyar dari tari yang disajikan tunggal dan kelompok, juga ditarikan secara massal. Faktor-faktor pendukung perkembangan tari Ngrema Gagrak Anyar meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi: (1). Seniman, (2). Kreativitas seniman, (3). Sanggar Putra Bima Respati. Sedangkan, faktor eksternal meliputi (1). Pemerintah Kota, (2). Peran Masyarakat, (3). Kondisi Sosial dan Budaya masyarakat.

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Tari Ngrema Gagrak Anyar,Sanggar Putra Bima Respati, Perkembangan
Subject: 1. ISI Surakarta > Tari
Divisions: Faculty of Performance Arts > School of Dance
User deposit: Nyono Nyono Nyono
Datestamp: 29 Jun 2022 07:52
Last mod: 29 Jun 2022 07:52
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/5408

Actions (login required)

View item View item