REDESIGN CORPORATE IDENTITY DAN PROMOSI MUSEUM BATIK PEKALONGAN DENGAN IDE MOTIF BUKETAN

Downloads

Downloads per month over past year

HERTYAWAN, ARIQO ARSYA (2020) REDESIGN CORPORATE IDENTITY DAN PROMOSI MUSEUM BATIK PEKALONGAN DENGAN IDE MOTIF BUKETAN. S1 thesis, INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
Tugas Akhir_Redesain corporate identitiy dan promosi Museum Batik Pekalongan_ Ariqo Arsya_131151122.pdf

Download (43MB) | Preview

Abstract

Batik Pekalongan merupakan batik yang terpengaruh dari budaya asing, karena Pekalongan terletak di daerah pinggir pantai pulau Jawa jadi pengaruh budaya asing melekat pada Batik Pekalongan yang biasa disebut dengan Batik Pesisiran. Museum gedung yang digunakan sebagai tempat untuk pameran tetap, batik merupakan benda pamer yang selayaknya diberi tempat seperti museum karena wawasan bertambah dengan tempat tersebut. Museum Batik Pekalongan merupakan museum dengan memiliki koleksi batik dari seluruh Indonesia yang berdiri pada 12 Juli 2016 dan telah ditetapkan UNESCO pada 2 Oktober bertepatan dengan hari batik nasional. Namun sangat disayangkan karena museum ini belum memiliki fasilitas penunjang salah satunya sign system, serta tidak memiliki arsip logo sendiri sebagai identitasnya. Adanya permasalahan tersebut perlu dilakukan Redesign dengan metode perancangan dari Surianto Rustan menggunakan ide motif buketan yang merupakan salah satu batik khas Pekalongan. Metode perancangan menggunakan kualitatif dan kuantitatif serta analisis SWOT. Menggunakan pendekatan motif Buketan sebagai ide dasar perancangan ini mampu memperkuat image dari Museum Batik Pekalongan yang berdasarkan visi dan misi dimiliki. Hasil dari perancangan ini berupa sebuah sistem identitas visual baru yang berisi yaitu logo, tipografi, warna, supergraphic dan media iklan. Perancangan sign system menjadi bagian pokok juga dalam penulisan ini sebagai pemecah masalah yang dimiliki oleh Museum Batik Pekalongan. Kata kunci: Redesign, Corporate Identity, Motif Buketan, Sign System, Promosi

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Redesign, Corporate Identity, Motif Buketan, Sign System, Promosi
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: UPT. Perputakaan
Datestamp: 26 Nov 2021 07:26
Last mod: 26 Nov 2021 07:26
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/5155

Actions (login required)

View item View item