AININA, LUTHFIA (2020) REPRESENTASI IDENTITAS BUDAYA JAWA DALAM IKLAN TELEVISI TRAVELOKA VERSI PENGANTIN JAWA. S1 thesis, INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA.
|
Text
LUTHFIA AININA.pdf Download (42MB) | Preview |
Abstract
REPRESENTASI IDENTITAS BUDAYA JAWA DALAM IKLAN TELEVISI TRAVELOKA VERSI PENGANTIN JAWA (LUTHFIA AININA, 2020, xvii dan 143 halaman). Tugas Akhir Skripsi S-1 Program Studi Desain Komuniasi Visual, Jurusan Desain, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Surakarta. Kebudayaan Indonesia yang sangat kaya dan memiliki banyak sekali pilihan untuk dijadikan sebagai tema dalam eksekusi pembuatan iklan. Sama halnya dengan Perusahaan e-Commerce Traveloka yang pernah mengusung identitas budaya Jawa dalam iklannya yang dipublikasikan pada Desember 2018. Secara kasat mata hal itu dibuktikan dengan adanya peran sepasang pria dan wanita yang mengenakan pakaian pengantin adat Jawa dalam iklan tersebut. Sesuai dengan tujuannya, dalam penelitian ini ditemukan tanda-tanda yang merepresentasikan identitas budaya Jawa pada iklan Traveloka versi Pengantin Jawa. Menggunakan metode penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif menggunakan teknik analisis semiotika Roland Barthes, penelitian ini berhasil membuktikan adanya representasi identitas budaya Jawa yang terkandung dalam iklan Traveloka versi Pengantin Jawa yang berfungsi sebagai kendaraan untuk menyampaikan pesan dari Traveloka dan juga sebagai salah satu alternatif cara melestarikan budaya Indonesia khususnya budaya Jawa. Kata Kunci: Iklan Televisi, Semiotika, Representasi, Identitas Budaya Jawa
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Not controling keyword: | Iklan Televisi, Semiotika, Representasi, Identitas Budaya Jawa |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design |
User deposit: | UPT. Perputakaan |
Datestamp: | 25 Nov 2021 03:33 |
Last mod: | 25 Nov 2021 03:33 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/5143 |
Actions (login required)
View item |