Rachman, Anung and Shokiyah, Nunuk Nur (2014) PERANCANGAN TOKOH KARAKTER ANIMASI DENGAN MODEL MAINAN TRADISIONAL GANGSINGAN BAMBU LAPORAN PENELITIAN. Project Report. Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Surakarta. (Unpublished)
|
Text
laporan karakter animasi gangsingan bambu_anung_2014.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Untuk membuat anak-anak mengenal dan mencintai mainan tradisional, maka diperlukan pendekatan melalui media yang disukai, yaitu animasi. Namun sebelum menjadi sebuah karya animasi, mainan tradisional tersebut harus dibuat menjadi tokoh karakter. Karakter tersebut menjadi maskot yang mencitrakan mainan tradisional. Diharapkan dengan mengagumi karakter, maka anak juga akan mencari mainan tradisional yang dicitrakan. Laporan pada penelitian ini berupa kajian terhadap mainan tradisional gangsingan bambu yang diolah menjadi sebuah materi untuk mendapatkan bentuk rancangan tokoh karakter animasi 2D yang sesuai. Mainan gangsingan bambu dipilih karena mainan tersebut sederhana namun mengandung beberapa ilmu pengetahuan di dalamnya.Penelitian ini menghasilkan dua macam tokoh karakter animasi. Pertama, karakter dengan dominan pada bentuk gangsingan bambu namun memiliki beberapa bagian tubuh manusia. Kedua, karakter dengan dominan pada bentuk tubuh manusia namun memiliki ciri-ciri gangsingan bambu.
Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Not controling keyword: | Animasi, Karakter Tokoh, Gangsingan |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design |
User deposit: | UPT. Perpustakaan |
Datestamp: | 21 Sep 2021 04:32 |
Last mod: | 21 Sep 2021 04:32 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/5077 |
Actions (login required)
View item |