RE-VISUAL BRANDING KLUB BOLA PERSEMAG KABUPATEN MAGETAN

Downloads

Downloads per month over past year

Oktavianus, Pieter Lunny (2020) RE-VISUAL BRANDING KLUB BOLA PERSEMAG KABUPATEN MAGETAN. S1 thesis, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PIETER LUNNY OKTAVIANUS.pdf

Download (8MB) | Preview
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id

Abstract

Persemag Magetan menjadi klub bersejarah dan berdiri pada era perserikatan PSSI, namun keberadaannya hingga kini belum dapat dikatakan sukses dan tidak banyak masyarakat mengetahui eksistensi klub bola Magetan ini. Berdasarkan latar belakang tersebut maka dibuatlah perancangan re-visual branding ini. Proses penciptaan yang dilakukan untuk pembuatan karya ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dimana peneliti mendapatkan data dan menggambarkannya sesuai fakta real-nya di lapangan. Selanjutnya mengumpulkan data dari observasi, kuesioner, wawancara, dokumentasi serta metode analisis SWOT. Tahap selanjutnya adalah metode perancangan dimana semua data yang terkumpul dianalisis dan dijadikan acuan konsep perancangan karya. Yang kemudian menghasilkan big idea pesan utama yaitu sepak bola Magetan sebagai semangat kebangkitan macan Lawu. Tema konsep re-visual branding menggunakan visual dari ikon lokal seperti Gunung Lawu, Telaga Sarangan, macan Lawu (harimau) dan tameng prajurit Mataram Hindu kuno, maka dibuatlah rancangan logo dan maskot klub bola Persemag Magetan. Perancangan ini menggunakan strategi konsep branding dimana taktikal ad. branding I (penerapan media) menghasilkan media utama seperti jersey, kaos, syal, topi, bendera, poster, billboard dan umbulumbul. Selain itu menghasilkan media pendukung seperti banner, x-banner, stationeries, merchandise, media sosial, transit ad (bis), toko resmi dan pewarnaan tribun stadion. Dan taktikal ad branding II menjelaskan taktik promosi branding melalui kegiatan pra-musim Persemag Magetan seperti seleksi pemain, kompetisi internal dan trofeo cup. Melalui strategi ini harapannya proses promosi Persemag Magetan dapat berjalan dengan baik sehingga mampu meningkatkan citra visual, brand awarness dan apresiasi masyarakat terhadap klub bola Persemag Magetan

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Visual Branding, Klub Bola, Persemag Magetan, ikon lokal
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: UPT. Perpustakaan
Datestamp: 23 Dec 2020 02:56
Last mod: 23 Dec 2020 02:56
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/4663

Actions (login required)

View item View item