JEFRIYANTO, AJUN (2020) BUKU LETTERING SEBAGAI MEDIA PROMOSI KOMUNITAS SURAKARYA. S1 thesis, ISI SURAKARTA.
|
Text
AJUN JEFRIYANTO.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
Lettering merupakan seni menulis indah yang telah ada sejak dulu dan berkembang sampai saat ini. Di Indonesia, lettering berkembang dengan cukup pesat dan muncul para penggiat dan komunitasnya. Salah satu komunitas lettering di Indonesia yang menjadi pioner adalah komunitas Surakarya dari kota Surakarta yang berdiri sejak 31 Oktober 2014 dan memiliki 50 anggota. Meski komunitas Surakarya sudah ada cukup lama dengan berbagai macam kegiatan dan sharing ilmu yang dilakukan secara langsung, komunitas ini belum memiliki media visual untuk menyuguhkan informasi mengenai komunitas Surakarya dan ilmu lettering dalam wujud fisik. Hal tersebut yang melandasi Perancangan Buku Lettering Sebagai Media Promosi Komunitas Surakarya sebagai komunitas lettering di kota Surakarta. Metode yang digunakan melalui tahap pengumpulan data primer yang terdiri dari metode observasi dan metode wawancara, pengumpulan data sekunder yang terdiri dari kepustakaan dan dokumentasi, metode analisis SWOT, 5W1H, dilanjutkan dengan metode perancangan desain buku dan media promosi. Hasil perancangan meliputi media utama yaitu buku, dan media pendukung secara offline dan online untuk memperkuat promosi buku komunitas lettering Surakarya antara lain surat kabar, billboard, poster, x-banner, stationary, website dan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Sedangkan merchandise berupa kaos, stiker, gantungan kunci, art print, roll case, totebag, mini artbook, patch, pin, sketchbook, dan pembatas buku. Perancangan buku lettering komunitas Surakarya diharapkan dapat menjadi referensi dan media pembelajaran mengenai seni lettering dan menjadi media promosi komunitas Surakarya yang bergerak didalamnya. Kata Kunci: Lettering, Komunitas Surakarya, buku lettering, media promosi
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Not controling keyword: | Lettering, Komunitas Surakarya, buku lettering, media promosi |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design |
User deposit: | UPT. Perputakaan |
Datestamp: | 23 Dec 2020 02:47 |
Last mod: | 23 Dec 2020 02:47 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/4661 |
Actions (login required)
View item |