STRATEGI TIM KREATIF PROGRAM PESTA SAHABAT EPISODE ITIK DAN KOLAM AJAIB DALAM MENGHADIRKAN KONTEN PENDIDIKAN BAGI ANAK MELALUI PENATAAN ARTISTIK

Downloads

Downloads per month over past year

Ambarningsih, Nadya Yuli (2019) STRATEGI TIM KREATIF PROGRAM PESTA SAHABAT EPISODE ITIK DAN KOLAM AJAIB DALAM MENGHADIRKAN KONTEN PENDIDIKAN BAGI ANAK MELALUI PENATAAN ARTISTIK. S1 thesis, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

[img]
Preview
Text
NADYA YULI AMBARNINGSIH (15148130) - DRAFT SKRIPSI AKHIR.pdf

Download (2MB) | Preview
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id

Abstract

Strategi tim kreatif dalam menghadirkan konten pendidikan bagi anak melalui penataan artistik pada program Pesta Sahabat (PS) Episode 20 Itik dan Kolam Ajaib di tempatkan sebagai objek kajian. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, data dikumpulkan mengunakan teknik observasi, wawancara kepada produser, lead creative, dan show director program, dan studi pustaka terhadap arsip-arsip terkait produksi program. Alur kerja tim kreatif melalui tahap perencanaan program, tahap produksi dan eksekusi program hingga tahap evaluasi program sesuai dengan landasan konseptual terkait strategi program yang dicetuskan oleh Morissan. Struktur program PS dibagi menjadi lima segmen, setiap segmen terdiri dari tiga item, yaitu story telling, fragmen, dan musik dan tari. Elemen artistik yang dianalisis yaitu tata dekorasi, properti dan tata busana. Hasil dari strategi yang dijalankan oleh tim kreatif pada item story telling adalah 1). Tata dekorasi dan properti dalam bentuk benda imajinatif yang digunakan untuk membantu mengasah kemampuan linguistik pada anak; dan 2). Tata busana yang menghadirkan kostum fantasi peri ditunjukkan untuk membantu mengasah kemampuan visual spasial pada anak. Pada item fragmen, 1). Tata dekorasi menghadirkan benda ilustrasi; 2). Properti menghadirkan gambar imajinatif; dan 3). Tata busana menghadirkan kostum fantasi binatang, kesemuanya digunakan untuk membantu mengembangkan kemampuan visual spasial. Item terakhir, tim kreatif menghadirkan 1). Tata dekorasi melalui benda instalasi untuk membantu meningkatkan kemampuan musikal pada anak; 2). Properti yang menghadirkan benda ilustrasi untuk membantu meningkatkan kemampuan kinestetik/jasmani pada anak; dan 3). Tata busana imajinatif dihadirkan melalui ilustrasi grafis untuk membantu meningkatkan kemampuan visual spasial.

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Strategi, Tim Kreatif, Pesta Sahabat, Artistik, Pendidikan Anak
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: UPT. Perpustakaan
Datestamp: 22 Dec 2020 03:15
Last mod: 22 Dec 2020 03:15
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/4619

Actions (login required)

View item View item