SUSENO, MIMIN KURNIAWATI (2019) TINJAUAN VISUAL KARAKTER TOKOH SINGA DALAM IKLAN ANIMASI ES KRIM PADDLE POP VERSI DINOTERRA. S1 thesis, INSITUT SENI INDONESIA (ISI) SURAKARTA.
|
Text
OK-Tinjauan Visual Karakter Tokoh Singa Dalam Iklan Animasi Es Krim Paddle Pop Versi Dinoterra oleh.pdf Download (50MB) | Preview |
Abstract
Perusahaan berlomba-lomba menghasilkan iklan yang bagus dan berbeda. Iklan dengan audio visual lebih mudah untuk menarik perhatian konsumen terutama jika target marketnya adalah anak-anak. Animasi menjadi salah satu teknik yang banyak digunakan untuk membuat iklan audio visual yang menarik. Desain karakter menjadi salah satu hal terpenting dalam sebuah film atau iklan sebagai ujung tombak penyampaian pesan dari perusahaan. Paddle Pop versi Dinoterra merupakan salah satu iklan animasi memiliki karakter utama yang memiliki ciri khas tersendiri. Penulisan ini dilakukan untuk mendeskripsikan visual karakter yang baik menurut Scoot McCloud berdasarkan tiga aspek yakni kejiwaan atau inner life, visual distintion, dan sikap ekspresif, tujuan selanjutnya untuk menemukan pengaruh desain karakter Paddle Pop singa terhadap iklan animasi es krim Paddle Pop versi Dinoterra berdasarkan teori iklan AIDCA milik Kotler yaitu Attention (Perhatian), Interest (Menarik), Desire (Keinginan) Conviction (Keyakinan), Action (Tindakan) Kotler. Metode penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Desain karakter singa Paddle Pop memiliki kejiwaan yang terbentuk dari lingkungan atau turunan, tampilan visual yang berciri khas dengan baju petualangan dan tubuh kekar yang terakhir Paddle Pop mempunyai sikap ekspresif yang mudah untuk menunjukkan perasaanya. Selanjutnya desain karakter singa Paddle Pop mampu mempengaruhi iklan yang di buat oleh perusahaan berdasarkan teori AIDCA karena karakter ini menarik perhatian dengan menyajikan visual yang bagus, menarik perhatian karena memiliki pesan yang jelas, meyakinkan konsumen dengan mendekatkan diri dengan menyajikan call to action seperti bergabunglah atau ikuti, dan memberi contoh untuk melakukan tindakan seperti memakan es krim. Selain karakter singa Paddle Pop memiliki banyak karakter yang menarik untuk di teliti. Desain karakter harus di buat dengan baik dan bagus karena mampu mempengaruhi iklan yang di produksi. Kata kunci: Iklan, Animasi, Paddle Pop, Karakter, AIDCA
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Not controling keyword: | Iklan, Animasi, Paddle Pop, Karakter, AIDCA |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design |
User deposit: | UPT. Perputakaan |
Datestamp: | 17 Nov 2020 06:37 |
Last mod: | 17 Nov 2020 06:37 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/4576 |
Actions (login required)
View item |