SILABAN, ARI BERLIANA BORU (2020) KAJIAN VISUAL DAN VERBAL DALAM TEKNIK PENCIPTAAN HUMOR IKLAN DJARUM 76 VERSI “PENGEN KURUS. S1 thesis, INSITUT SENI INDONESIA (ISI) SURAKARTA.
|
Text
OK-Skripsi_Ari Berliana Boru Silaban_15151106.pdf Download (16MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan hasil analisis kajian visual dan verbal dalam teknik penciptaan humor iklan Djarum 76 versi “Pengen Kurus”. Iklan Djarum merupakan salah satu iklan yang menggunakan teknik humor dan mengangkat permasalahan sosial dalam kehidupan masyarakat. Djarum secara konsisten menampilkan karakter Om Jin yang mewakili citra dari Djarum 76. Penelitian ini menggunakan teori Percy dan Rossiter dalam menganalisis kajian visual dan verbal pada iklan televisi, dan teknik penciptaan humornya menggunakan teori Arthur Asa Berger. Hasil analisis penelitian ini yaitu bahwa terdapat makna yang ingin dicapai dari sisi visual dan verbal berupa sindiran atau kritik mengenai fenomena sosial yang ada di Indonesia seperti kebiasaan selfie, kurangnya rasa kepedulian masyarakat, dan mementingkan diri sendiri. Penggunaan logic (logika) pada teknik penciptaan humor lebih mendominasi khususnya reversal. Teknik reversal menunjukkan bahwa produsen iklan memutarbalikkan logika dengan melakukan perubahan konsep yang tidak terduga, seperti mempermainkan rasa ketidakpedulian seseorang sehingga tercipta humor yang menghibur dan menarik. Kata Kunci : Iklan Televisi, Djarum 76, Visual, Verbal, Humor
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Not controling keyword: | Kata Kunci : Iklan Televisi, Djarum 76, Visual, Verbal, Humor |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design |
User deposit: | UPT. Perputakaan |
Datestamp: | 17 Nov 2020 06:29 |
Last mod: | 17 Nov 2020 06:29 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/4574 |
Actions (login required)
View item |