STRATEGI KREATIF DALAM PROMOSI “SEKUTU KOPI” MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Downloads

Downloads per month over past year

Sandy, Dea Christina (2020) STRATEGI KREATIF DALAM PROMOSI “SEKUTU KOPI” MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. S1 thesis, INSITUT SENI INDONESIA (ISI) SURAKARTA.

[img]
Preview
Other
SKRIPSI SEKUTU KOPI.PDF

Download (7MB) | Preview

Abstract

Coffeeshop sekarang ini menjadi hal yang sering dijumpai di kota Solo. Kebutuhan masyarakat untuk dapat menikmati kopi juga berubah seiring berkembangnya trend di kalangan masyarakat masa kini. Banyaknya kompetitor menjadi alasan diperlukannya inovasi baru dalam setiap usaha agar dapat menjadi pembeda jelas antara coffeeshop satu dengan lainnya. Setelah dilakukan observasi lapangan, ditemukan hasil bahwa Sekutu Kopi adalah coffeeshop yang memiliki konsep dan strategi kreatif yang paling baik. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan strategi kreatif dan cara penyampaian pesan yang disampaikan melalui post Instagram. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan cara pengumpulan data berupa wawancara narasumber dan observasi langsung. Data dalam penelitian ini diperoleh dari Instagram Sekutu Kopi (@sekutukopi) serta berasal dari narasumber. Proses pengolahan data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, dan menyimpulkan hasil akhir dari data yang telah terkumpul. Dengan menggunakan teori dari Zein Mufarrih sebagai langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini maka yang penting untuk diperhatikan adalah proses pembentukan strategi kreatif, pengelolaan strategi kedalam pesan visual dan verbal, kemudian bagaimana iklan akan dibawakan kepada audiens. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kreatif dan proses kreatif memberikan pengaruh yang besar dalam keberhasilan suatu iklan agar dapat tersusun dan terbangun dengan baik. Metode penyampaian pesan juga memberikan hasil feedback pelanggan yang beragam. Sekutu Kopi dapat menyampaikan pesan kepada konsumennya dengan cara uniknya. Tidak hanya kepuasan pelanggan dapat tergambarkan melalui interaksi dengan Sekutu Kopi namun juga kritik dan saran dapat disampaikan dengan baik oleh pelanggan kepada Sekutu Kopi. Keyword : Coffeeshop, Strategi Kreatif, Konsep Kreatif, pesan visual, pesan verbal, Kopi, Sekutu Kopi.

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Coffeeshop, Strategi Kreatif, Konsep Kreatif, pesan visual, pesan verbal, Kopi, Sekutu Kopi.
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: UPT. Perputakaan
Datestamp: 17 Nov 2020 03:12
Last mod: 17 Nov 2020 03:12
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/4558

Actions (login required)

View item View item