STRATEGI DAN DIMENSI PRODUCT PLACEMENT DALAM VIDEO KLIP “BERPISAH ITU MUDAH”

Downloads

Downloads per month over past year

PURBOSARI, MEIVIA (2019) STRATEGI DAN DIMENSI PRODUCT PLACEMENT DALAM VIDEO KLIP “BERPISAH ITU MUDAH”. S1 thesis, INSITUT SENI INDONESIA (ISI) SURAKARTA.

[img]
Preview
Other
skripsi Meivia Senirupa d desain.PDF

Download (3MB) | Preview

Abstract

Era sekarang ini video klip tidak hanya digunakan untuk mempromosikan penyanyi atau band saja. Video klip dapat dijadikan sebagai media promosi produk dengan cara menyisipkan produk ke dalam video klip atau biasa disebut dengan product placement. Salah satu video klip yang mempunyai penempatan produk di dalamnya adalah video klip milik Rizky Febian dan Mikha Tambayong yang berjudul “Berpisah Itu Mudah”. Ada tiga produk yang disisipkan yaitu kosmetik PIXY, biskuit Roma Sari Gandum Sandwich cokelat dan Butik Palma. Masalah dalam penelitian ini bagaimana penempatan produk dalam video klip “Berpisah Itu Mudah” jika ditinjau dari strategi dan dimensi product placement. Tujuan dalam penelitian ini adalah menjelaskan penempatan produk dalam video klip “Berpisah Itu Mudah” jika ditinjau dari strategi dan dimensi product placement. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian penempatan produk dalam penelitian ini di analisis berdasarkan strategi product placement menurut D’astous and Seguin dan dimensi product placement menurut Russel. Berdasarkan analisis yang dilakukan, penempatan produk dalam video klip termasuk ke dalam kategori Implicit Product Placement karena penempatan produk bersifat pasif. Di mana produk hanya ditampilkan secara visual saja, tanpa adanya keterangan pendukung mengenai produk yang ditampilkan. Terdapat 12 tampilan product placement dengan teknik pengambilan gambar yang terdiri dari 5 close up, 4 Close Up kepala, 1 Close Up kepala dan bahu, 1 over shoulder dan 1 long shot. Ketiga produk mempunyai Plot Connection Dimention yang cukup kuat, karena antara alur cerita dengan penempatan produk memiliki keserasian dalam video klip, sehingga mempunyai kesan natural dan tidak dipaksakan. Dan jika ditinjau dari jenis iklan, produk PIXY dan Roma Sari Gandum termasuk ke dalam jenis Reminder Advertising dan Butik Palma termasuk ke dalam jenis Pioneering Advertising. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi untuk penelitian yang membahas mengenai periklanan dan penempatan merek dalam media audiovisual. Kata kunci : video klip, iklan, analisis, penempatan produk.

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: video klip, iklan, analisis, penempatan produk.
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: UPT. Perputakaan
Datestamp: 17 Nov 2020 02:48
Last mod: 17 Nov 2020 02:48
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/4555

Actions (login required)

View item View item