INFOGRAFIS DALAM PERANCANGAN MEDIA PENGENALAN DAN PROMOSI KIRAB PUSAKA MALAM 1 SURO KERATON KASUNANAN SURAKARTA

Downloads

Downloads per month over past year

Arbiatun, Arbiatun (2019) INFOGRAFIS DALAM PERANCANGAN MEDIA PENGENALAN DAN PROMOSI KIRAB PUSAKA MALAM 1 SURO KERATON KASUNANAN SURAKARTA. S1 thesis, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

[img]
Preview
Text
ARBIATUN.pdf

Download (10MB) | Preview
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id/

Abstract

Kirab Malam 1 Suro selain sebagai pelestarian budaya juga dimaksudkan sebagai malam perenungan diri, ketebalan iman, hingga kedepannya bisa menjadi manusia yang lebih baik. Perilaku mawas diri dalam menyambut malam sakral menurut masyarakat jawa tersebut belum diterapkan selama prosesi berlangsung. Pemahaman akan makna kirab yang bergeser, menjadikan kurangnya kekhusyukan dalam mengikuti kegiatan budaya ini yang menyebabkan berkurangnya rasa bangga akan warisan budaya terdahulu. Sebagai upaya mengenalkan kirab kepada generasi muda dirancanglah booklet infografis sebagai media pengenalan dan berbagai media promosi. Kekuatan data yang diperoleh dari observasi maupun buku menjadi pokok utama sebelum menyusun infografis. Menentukan poin-poin yang ingin disampaikan dan memberikan batasan ranah pembahasan sehingga fokus pada tujuan utama. Proses pembuatan infografis ini berdasarkan konsep rancangan dari Lankow dkk., yang dikolaborasikan sehingga sampai pada tahap penyelesaian kekaryaan. Hasil dari rancangan berupa infografis akan memberikan ulasan secara garis besar mengenai sejarah, tujuan, makna, nilai kultural dan filosofinya yang terkandung dalam pelaksanaan kirab. Media pengenalan Kirab Pusaka dengan pendekatan infografis statis dan digital painting dimaksudkan untuk menggambarkan urutan peristiwa yang didapat secara kronologis dan membantu memahami suatu kejadian dengan harapan agar informasi lebih menarik, mudah diterima dan bertahan lebih lama dalam ingatan pembaca. Media promosi terdiri dari media sosial, x banner, poster dan merchandise yang dirancang berupa travel kit seperti t-shit, sling bag, klip kabel dan lain sebagainya, disesuaikan dengan segmentasi dan karakter generasi muda.

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Infografis, Kirab Pusaka, Malam 1 Suro, Keraton Kasunanan Surakarta, Booklet, Media Promosi, Generasi muda
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: UPT. Perpustakaan
Datestamp: 26 Dec 2019 06:59
Last mod: 26 Dec 2019 06:59
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/3902

Actions (login required)

View item View item