UPAYA PENINGKATAN PENGHASILAN UMKM APE PAUD DI JAWA TENGAH MELALUI PENGEMBANGAN DESAIN PRODUK BERBASIS BUDAYA DAN MEDIA PROMOSI YANG EFEKTIF

Downloads

Downloads per month over past year

Panindias, Asmoro Nurhadi and Ekowati, Etty and Hapsari, Putri Sekar (2017) UPAYA PENINGKATAN PENGHASILAN UMKM APE PAUD DI JAWA TENGAH MELALUI PENGEMBANGAN DESAIN PRODUK BERBASIS BUDAYA DAN MEDIA PROMOSI YANG EFEKTIF. Project Report. ISI Surakarta, Surakarta. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
UPAYA PENINGKATANPENGHASILANUMKM APE PAUD DI JAWA TENGAH_Asmoro Nurhadi Panindias.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penyiapan mutu pendidikan yang prima dan penyiapan generasi penerus yang tangguh hanya akan dicapai jika anak sejak usia dini sudah mendapatkan stimulasi pendidikan yang tepat, yakni stimulasi yang sesuai dengan tingkat usia dan perkembangan psikologis serta kebutuhan spesifiknya, yang berlangsung dalam suasana menggembirakan dan mengasyikkan. Salah satu alat yang yang mengedepankan pendidikan dengan dengan permainan adalah APE (Alat Permainan Edukatif). UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) bergerak di bidang APE membantu penyediaan permainan edukatif bagi lembaga pendidikan anak usia dini maupun keluarga yang membutuhkan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis APE apa saja yang diproduksi di UMKM, untuk mengembangkan desain produk berbasis budaya sebagai pengembangan karakter anak usia dini dan untuk meningkatkan kapasitas produksi sebagai permintan pasar. Metode deskriptif untuk memperoleh sejumlah informasi status gejala pada saat penelitian dilakukan, tahap selanjutnya yang dilakukan adalah perencanaan untuk memecahkan permasalahan kebutuhan mengembangkan desain produk berbasis budaya, maka dibuat desain karakter tokoh wayang. Tahap pengembangan desain alat permainan edukatif berbasis budaya. Penggunaan alat permainan edukatif yang diproduksi oleh UMKM adalah beberapa jenis puzzle karena mudah dan murah dalam pembuatannya. Penggunaan desain berbasis budaya lokal dapat membentuk karakter anak yang mencintai kekayaan budaya nusantara, karakter wayang dari tokoh punakawan menjadi pilihan yang tepat dalam desain puzzle bagi anak usia dini. Pemasaran produk dibantu dengan mengefektifkan media promosi untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

Type: Monograph (Project Report)
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: UPT. Perputakaan
Datestamp: 16 Aug 2019 06:38
Last mod: 16 Aug 2019 06:38
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/3512

Actions (login required)

View item View item