KESENIAN PERANCANGAN EVENT SEPASMA DONGKREK SEBAGAI IDE KREATIF VISUAL BRANDING DAN PROMOSI (SEPASAR ING MADIUN)

Downloads

Downloads per month over past year

WIDYANTO, ARI (2019) KESENIAN PERANCANGAN EVENT SEPASMA DONGKREK SEBAGAI IDE KREATIF VISUAL BRANDING DAN PROMOSI (SEPASAR ING MADIUN). S1 thesis, INSTITUT SENI INDONESIA (ISI) SURAKARTA.

[img] Text
ARI.WIDYANTO.pdf

Download (26MB)

Abstract

SEPASMA (Sepasar Ing Madiun) merupakan event seni budaya terbesar yang dimiliki Kabupaten Madiun. Sebagai bagian dari ikon pariwisata daerah yang mampu menumbuhkembangkan keberagaman potensi yang ada, event SEPASMA (Sepasar Ing Madiun) membutuhkan suatu rancangan visual branding dan promosi agar semakin dikenal dan diminati masyarakat luas. Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan ini adalah kualitatif dengan analisis SWOT. Perancangan mengadaptasi metode milik Rustan dan Sanyoto yang telah dimodifikasi dan disesuaikan dengan permasalahan yang dihadapi sehingga dapat menghasilkan desain yang menarik, efektif, dan komunikatif sesuai dengan kebutuhan. Dongkrek yang merupakan kesenian khas Kabupaten Madiun dijadikan sebagai ide kreatif perancangan guna memperkuat identitas event tersebut sebagai bagian dari representasi Kabupaten Madiun. Pada perancangan visual branding, tokoh pemeran dan gerak tarian kesenian Dongkrek dideformasi menjadi elemen logogram dengan gaya dan format konstruktif. Warna merah dan kuning pada topeng kesenian Dongkrek juga diadaptasi sebagai warna korporat. Pada perancangan promosi, kesenian Dongkrek dijadikan sebagai unsur visual utama guna menambah daya tarik iklan. Kedua jenis pendekatan iklan soft selling dan hard selling digunakan untuk semakin meningkatkan efektivitas iklan. Adapun hasil dari keseluruhan perancangan ini adalah berupa sistem identitas visual yang terdiri dari logo, tagline, warna, tipografi, secondary graphic, icon system, stationery, serta pengimplementasiannya ke berbagai media promosi yang mampu menjangkau target audience, seperti billboard, print ad, TVC, digital advertising, merchandise, dan atribut event. Dengan melakukan promosi secara terkonsep, berkala dan terjadwal diharapkan brand awareness terhadap event SEPASMA (Sepasar ing Madiun) dapat meningkat hingga menjadikannya top of mind di benak masyarakat. Kata kunci: Event SEPASMA (Sepasar Ing Madiun), Kesenian Dongkrek, Visual branding, Promosi.

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Event SEPASMA (Sepasar Ing Madiun), Kesenian Dongkrek, Visual branding, Promosi.
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: UPT. Perputakaan
Datestamp: 15 Aug 2019 01:31
Last mod: 15 Aug 2019 01:31
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/3471

Actions (login required)

View item View item